JURNAL TEKNIK MESIN MODEL PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN PROSES PEMESINAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMK N 2 PENGASIH

blogger templates

Penulis : Wahyudi
Key words: model, assessment model, machining process









Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK MESIN MODEL PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN PROSES PEMESINAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMK N 2 PENGASIH | Penilian dimaksudkan untuk memberi nilai tentang kualitas hasil belajar, sedangkan Tujuan dilaksanakannya penilaian hasil pembelajaran adalah untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan pembelajaran dan pencapaian hasil pembelajaran oleh setiap siswa/siswi. Penilaian berbasis kelas harus memperhatikan tiga ranah yaitu : pengetahuan (cognitive), ketrampilan (psychomotoric), dan sikap (afective). Ketiga ranah tersebut sebaiknya dinilai secara proporsional yang disesuaikan dengan sifat mata pelajaran yang bersangkutan. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru kepada siswa pada umumnya hanya dititikberatkan pada penilaian terhadap tugas-tugas yang diberikan kepada siswa. 

Penilaian yang seperti itu cenderung menitikberatkan pada penilaian pada aspek psikomotorik atau keterampilan, sedangkan aspek kognitif dan afektif secara langsung belum dapat diukur. Penilaian seharusnya mencakup aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif, yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara parsial sesuai dengan prosedur dan mekanismenya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. 

Subyek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Pemesinan (XI TP-1) SMK Negeri 2 Pengasih. Pengambilan sampel untuk subyek penelitian ini menggunakan tekniksampling jenuh yang maksudnya adalah semua populasi digunakan sebagai sampel, yang berjumlah 31 siswa. Perangkat penilaian mata pelajaran proses pemesinan pada ranah kognitif menggunakan jenis penilaian tes tertulis.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK MESIN MODEL PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN PROSES PEMESINAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMK N 2 PENGASIH"

Powered by Blogger.