Penulis : Diah Setianingsih1, Abdullah Taman2
Keywords: Think Pair Share, Studying Motivation
Jurnal Penelitian | IMPLEMENTASI TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN AKUNTANSI BILINGUAL Dalam perkembangan dunia pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sempat mencanangkan adanya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sejak tahun 2006, namun pada awal tahun 2013 Mahkamah Konstitusi memutuskan untuk membubarkan RSBI. Walaupun dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi, diharapkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah mantan RSBI tidak menurun. Salah satu ciri kualitas pembelajaran yang dilaksanakan tersebut adalah diselenggarakannya pembelajaran secara bilingual.
Pembelajaran bilingual merupakan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan dua bahasa, yaitu menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan pembelajaran secara bilingual, kualitas lulusan dapat unggul di tingkat internasional. Namun dalam realita, terdapat banyak siswa yang mengalami kendala, dalam hal ini yaitu saat mengikuti pelajaran yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar materi pembelajaran. Mereka merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan dalam Bahasa Inggris, sehingga mereka kurang memiliki motivasi belajar, tidak aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dan memperoleh prestasi belajar yang kurang optimal.
Pada dasarnya, motivasi belajar memiliki kaitan erat dengan tujuan belajar. Hal tersebut sesuai dengan yang diungkapkan Agus Suprijono (2012: 163) bahwa terdapat tiga fungsi motivasi belajar. Pertama, motivasi mendorong peserta didik untuk berbuat, karena motivasi merupakan pendorong atau motor dari setiap kegiatan belajar. Kedua, motivasi menentukan arah kegiatan pembelajaran, yakni ke arah tujuan belajar yang hendak dicapai. Motivasi belajar memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuan pembelajaran. Dan ketiga, motivasi menyeleksi kegiatan pembelajaran, yakni menentukan kegiatan-kegiatan apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan menyeleksi kegiatan-kegiatan yang tidak menunjang bagi pencapaian tujuan tersebut.
Guru sebagai salah satu pihak yang berperan dalam pencapaian kualitas pembelajaran dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus dapat menerapkan variasi teknik pembelajaran untuk mata pelajaran yang diampunya, agar siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran secara aktif dan memiliki motivasi untuk belajar. Sebagaimana telah diungkapkan oleh Sardiman A.M. (2012: 84) bahwa “Motivation is an essential condition of learning”, maka motivasi menentukan intensitas usaha belajar bagi para siswa. Dengan adanya motivasi, siswa akan lebih giat belajar dan aktif selama pembelajaran sehingga mendapatkan prestasi belajar yang optimal.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "IMPLEMENTASI TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN AKUNTANSI BILINGUAL"
Post a Comment