Penulis : Mufidah Triswardani1, Sukanti2
Kata Kunci: Think Pair Share, Aktivitas Belajar Akuntansi
Jurnal Penelitian | PENERAPAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA X AKUNTANSI 2 | Upaya dalam mencapai tujuan nasional pendidikan Indonesia tidak terlepas dari terjadinya proses pendidikan yang melibatkan tiga komponen utama, yaitu peserta didik, pendidik dan tujuan itu sendiri serta didukung oleh berbagai komponen lain. Menurut Rusman (2011:3), “dalam proses pembelajaran, diperlukan guru yang memberikan keteladanan, membangun kemauan, serta mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik”. Maka dari itu, Setiap komponen yang ada hendaknya saling berinteraksi untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang aktif. Dalam hal ini, peran pendidik sangat dibutuhkan untuk merancang suasana belajar dan proses pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga tujuan dari pendidikan dapat tercapai optimal.
Proses pembelajaran yang menarik tidak terlepas dari kegiatan belajar yang dilakukan siswa dengan bimbingan guru. Belajar yang menarik dan bermakna bagi siswa adalah belajar yang mampu melibatkan pengalaman dan seluruh potensi yang dimiliki siswa. Menurut Wina Sanjaya (2009: 132), “belajar bukanlah menghafal sejumlah fakta atau informasi. Belajar adalah berbuat, memperoleh pengalaman tertentu sesuai dengan tujuan yang diharapkan”. Oleh karena itu, pembelajaran yang berlangsung harus dapat mendorong aktivitas siswa. Aktivitas yang dimaksud di sini bukan hanya aktivitas fisik, melainkan juga meliputi aktivitas-aktivitas yang bersifat psikis.
Bahkan menurut Sardiman, A.M (2012: 95-97), aktivitas merupakan aspek terpenting dalam belajar karena pada hakikatnya belajar adalah suatu kegiatan. Tidak ada belajar apabila tidak ada aktivitas yang dilakukan. Tanpa aktivitas proses belajar siswa tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal. Berdasar hal tersebut, maka Aktivitas Belajar Siswa merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran siswa yang telah direncanakan oleh guru.
SMK Negeri I Godean merupakan salah satu sekolah kejuruan yang sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Sekolah ini berlokasi di Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman 55564. Telp. (0274) 798274. Sekolah ini memiliki 21 kelas, yang terdiri dari kelas X, kelas XI, dan kelas XII yang dapat menampung sekitar 832 siswa serta terdiri dari 4 program keahlian yaitu: Program Keahlian Akuntansi, Program Keahlian Pemasaran, Program Keahlian Administrasi Perkantoran dan Program Keahlian Multimedia.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "PENERAPAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA X AKUNTANSI 2"
Post a Comment