Penulis : Rizki Ngesti Wayah1, Sukanti2
Kata kunci: Tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar Akuntansi
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWASMK NEGERI 1 DEPOK | Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan yang diperoleh di sekolah maupun di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup. Hal senada disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara dalam A. Soedomo Hadi (2008: 21) yang berpendapat bahwa “Pendidikan dimulai sejak anak dilahirkan dan berakhir setelah ia meninggal dunia, jadi pendidikan itu berlangsung seumur hidup”. Oleh karena itu pendidikan merupakan investasi berharga yang tidak akan pernah termakan oleh jaman.
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjadikan sebuah negara berkembang lebih baik dan maju, selain itu pendidikan merupakan jembatan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dari yang ada, di mana pendidikan membawa ke arah yang lebih baik dan terarah.
Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan memiliki fungsi membentuk peserta didik yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai tempat pelaksanaan proses pembelajaran, sekolah dituntut untuk memperhatikan berbagai hal yang dapat mendukung pembentukan generasi penerus bangsa tersebut. Keberhasilan dalam pendidikan akan terwujud apabila terdapat proses pembelajaran yang efektif. Proses pembelajaran yang efektif akan membuat peserta didikaktif selama proses pembelajaran. Hal ini sesuai dengan yang disebutkan Martinis Yamin (2007: 81-82) belajar aktif ditandai bukan hanya melalui aktivitas peserta didik secara fisik, namun juga aktivitas mental.
Mutu pendidikan menekankan pada cara guru dalam mengajar di kelas sehingga peserta didik aktif dalam setiap pembelajaran. Menurut Iskandar (2009: 100) peranan peserta didik dalam proses pembelajaran adalah berusaha secara aktif terlibat langsung dalam proses belajar di bawah bimbingan guru. Hal ini membuat guru dituntut lebih kreatif, inovatif, dan menempatkan peserta didik tidak hanya sebagai objek belajar tetapi juga sebagai subjek belajar sehingga substansi pembelajaran benar-benar dihayati.
Guru sebagai seorang pengajar, harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat, sehingga potensi diri peserta didik dapat dikembangkan. Salah satu potensi yang harus dikembangkan adalah aktivitas dalam belajar sebab dalam proses pembelajaran peserta didik perlu diupayakan mengembangkan aktivitas, kreativitas, dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWASMK NEGERI 1 DEPOK"
Post a Comment