JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT SERVICE QUALITY IMPROVEMENT EFFORTS RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL SERVQUAL MODEL BASED

blogger templates

Penulis : Endah Utami
Key words: Quality of service, the dimensions of quality, SERVQUAL




Jurnal Penelitian | JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT SERVICE QUALITY IMPROVEMENT EFFORTS RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL SERVQUAL MODEL BASED | Pelayanan kesehatan merupakan suatu pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Pelayanan ini sangat mendapat sorotan tajam baik di kalangan masyarakat maupun dari para pelaksanan kesehatan itu sendiri. Persaingan yang kompetitif dengan penyajian pelayanan yang berkualitas tersebut hal utama yang harus diprioritaskan. Pihak manajemen rumah sakit berkewajiban menghasilkan hasil kinerja sebaik mungkin sehingga dapat memuaskan pelanggan. 

Peran pelanggan sangat dominan dalam perkembangan rumah sakit, karena pelanggan akan menilai suatu layanan berkualitas atau tidak, karena suatu layanan dikatakan berkualitas haruslah berdasarkan pada arti kualitas yang didefinisikan oleh pelanggan. Namun dalam kenyataannya untuk mengidentifikasikan apa yang menjadi keinginan pelanggan tidak semudah seperti apa yang dibayangkan. Banyak kendala yang dialami, seperti rendahnya respon dari pelanggan dalam membantu pihak rumah sakit dalam pencarian keinginan pelanggan. 

Hal demikian serupa juga terjadi pada RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Upaya peningkatkan kualitas pelayanan lewat partisipasi pelanggan dilakukan pihak manajemen dengan menggali apa yang menjadi keinginkan pelanggannya. Langkah yang telah ditempuh oleh pihak manajemen adalah dengan menyediakan kotak saran, akan tetapi perhatian para pelanggan terhadap langkah tersebut tidak Melihat kondisi riil di lapangan maka perlu kiranya upaya-upaya untuk menggali keinginan para pelanggan selain dengan cara yang telah ditempuh oleh pihak manajemen sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan oleh pihak manajemen guna menempuh proses peningkatan kualitas secara berkelanjutan (continuous improvement). Penelitian ini bermaksud untuk membantu pihak manajemen rumah sakit untuk menggali keinginan pelanggan berdasarkan model SERVQUAL.



Silahkan Download Disini : 

0 Response to "JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT SERVICE QUALITY IMPROVEMENT EFFORTS RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL SERVQUAL MODEL BASED"

Powered by Blogger.