Penulis : I Ketut Risyamuka1, Kastawan Mandala2
Keywords : Green Marketing Mix, Purchase Decision
Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAU DI RESTORAN SARI ORGANIK UBUD | Sejak beberapa dekade terakhir kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan semakin meningkat. Peningkatan ini dicetuskan karena adanya kekhawatiran besar kemungkinan terjadinya bencana lingkungan hidup yang mengancam, bukan hanya kesehatan, namun sampai pada kehidupan manusia dan keturunannya. Bukti-bukti yang ditunjukan para ilmuan dan pemerhati lingkungan, seperti penipisan lapisan ozon yang secara langsung memperbesar prevelensi kanker kulit dan berpotensi mengacaukan iklim dunia serta pemanasan global, memperkuat alasan kekhawatiran tersebut. Bahkan sampah sekarang menjadi masalah besar dan banyaknya sampah yang sulit didaur ulang (Wibowo, 2002).
Green consumerism adalah kelanjutan dari gerakan konsumerisme global yang dimulai dengan adanya kesadaran konsumen akan hak-haknya untuk mendapatkan produk yang layak, aman, dan produk yang ramah lingkungan (environment friendly) yang semakin kuat. Selanjutnya, produk yang diinginkan bukan benar-benar hijau, namun mengurangi tingkat kerusakan yang ditimbulkan (Gran dalam Rizky, 2013).
Dengan adanya kesadaran tersebut maka perusahaan menerapkan isu-isu lingkungan sebagai salah satu stratregi pemasarannya atau yang telah dikenal sebagai green marketing. Green Marketing didefinisikan sebagai konsistensi dari semua aktivitas yang mendesain pelayanan dan fasilitas bagi kepuasan kebutuhan dan keinginan manusia, dengan tidak menimbulkan dampak pada lingkungan alam (Haryoso, 2010).
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAU DI RESTORAN SARI ORGANIK UBUD"
Post a Comment