JURNAL AKNTANSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013.

blogger templates

Penulis : Herlina Puspitasari
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, team assisted individualization







Jurnal Penelitian | JURNAL AKNTANSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013 | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu intitusi atau lembaga pendidikan formal di Indonesia yang bertanggungjawab untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian. Lulusan dari SMK juga diharapkan dapat mengembangkan kinerja peserta didik apabila diterjunkan dalam dunia kerja. Pendidikan SMK itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa agar dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian, serta menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional.

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu (siswa) setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap, dan ketrampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran di sekolah. Hasil belajar menunjukkan sejauh mana pengetahuan siswa dari proses pembelajaran yang telah dialaminya. Benyamin Bloom membagi hasil belajar ke dalam tiga ranah, yaitu hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik (Nana Sudjana, 2006:22).

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMK Abdi Negara Muntilan pada bulan Agustus-September 2012 di kelas XI AK 1. Dilihat dari nilai pretest yang diberikan di salah satu kompetensi dasar, masih ada siswa yang belum mencapai KKM. Siswa yang belum mencapai KKM ada 17 siswa dari 30 siswa di kelas XI 1 SMK Abdi Negara. Persentase siswa yang mencapai KKM adalah sebesar 56,67% sedangkan siswa yang belum mencapai KKM 43,33%.



0 Response to "JURNAL AKNTANSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013."

Powered by Blogger.