JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI

blogger templates

Penulis : Isma Umari
Kata Kunci: Think Pair Share, Keaktifan Belajar Akuntansi








Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI | Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berwawasan global haruslah menjadi tujuan utama pendidikan di Indonesia. Pendidikan Indonesia secara normatif memiliki tujuan yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan (Dwi Siswoyo, 2007: 19) yaitu Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Pendidikan dilaksanakan melalui proses pembelajaran. Pendidikan akan berhasil apabila proses pembelajaran yang dilaksanakan aktif. Pembelajaran pada hakikatnya adalah untuk mengembangkan keaktifan siswa melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Proses pembelajaran harus mampu menumbuhkan suasana yang menyenangkan, sehingga dapat menjadikan siswa aktif bertanya dan memberikan tanggapan serta mengemukakan pendapat, karena pada dasarnya belajar merupakan proses aktif dari si pembelajar dalam membangun pengetahuannya, bukan proses pasif yang hanya menerima informasi pengetahuan dari guru.

Sama halnya dalam pembelajaran Akuntansi, pembelajaran dapat tercapai apabila keaktifan belajar siswa ditingkatkan. Siswa yang aktif dalam proses pembelajaran Akuntansi dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, guru sangat berperan dalam penyampian materi agar dapat menumbuhkan umpan balik/feedback. Guna menciptakan suasana yang menyenangkan itulah yang sampai saat sekarang sangat perlu diterapkan model pembelajaran di dalam kelas. Selain itu, dengan model pembelajaran secara tidak langsung akan menarik perhatian siswa sehingga memperhatikan pembelajaran tersebut.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI"

Powered by Blogger.