JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT HUBUNGAN ANTARA BRAND IMAGE DENGAN MINAT PASIEN UNTUK BEROBAT DI POLIKLINIK ANAK RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

blogger templates

Penulis : Nina Oktariany, Triyani Marwati, Rosyidah
Key words: brand image, the interest of patients for medication.







Jurnal Penelitian | JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT HUBUNGAN ANTARA BRAND IMAGE DENGAN MINAT PASIEN UNTUK BEROBAT DI POLIKLINIK ANAK RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | Sebuah rumah sakit harus dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dewasa ini dengan membuat analisis, pertimbangan, dan strategi agar masyarakat tertarik untuk menggunakan jasa pelayanan kesehatan yang ditawarkan. Untuk itulah setiap rumah sakit perlu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pasien membeli pelayanan kesehatan. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah strategi pemasaran. 

Perilaku konsumen merupakan perilaku pembelian yang dilaksanakan oleh konsumen dan terwujud dalam bentuk berbagai pilihan brand, pilihan penjualan dan pilihan jumlah produk jasa.1 Terkait dengan brand, setiap proses pengembangan strategi pemasaran suatu produk menurut Kotler (2002)2 memang akan menghadapi masalah brand.

Simamora (2004)3 menyatakan bahwa salah satu manfaat brand bagi konsumen memang menceritakan sesuatu kepada pembeli tentang mutu, sehingga membantu menarik minat pembeli terhadap produk-produk baru yang mungkin bermanfaat bagi mereka. Salah satu aspek penting terkait dengan brand adalah brand image.

Brand image adalah segala kesan yang muncul di benak konsumen yang terkait dengan ingatannya mengenai suatu brand. Kesan-kesan yang terkait dengan brand akan semakin meningkat dengan semakin bertambahnya pengalaman pasien ketika membeli pelayanan di rumah sakit tertentu. Rumah sakit yang memiliki brand yang sudah mapan memiliki daya saing yang lebih kuat dibanding brand-brand yang lain.

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu rumah sakit swasta di Yogyakarta yang telah berdiri cukup lama. Dianalogikan sebagai sebuah brand, maka brand name Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta telah dikenal luas oleh masyarakat. Salah satu indikator yang dapat dipakai untuk melihat sejauh mana minat pasien untuk menggunakan jasa rumah sakit adalah jumlah kunjungan pasien rawat jalan. Tabel di bawah ini menunjukkan jumlah kunjungan pasien ke seluruh poliklinik serta poliklinik anak di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT HUBUNGAN ANTARA BRAND IMAGE DENGAN MINAT PASIEN UNTUK BEROBAT DI POLIKLINIK ANAK RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA"

Powered by Blogger.