Penulis : Ari Tri Hastuti
Key Words: Type of TPS, Acoounting Learning activity and achievement
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA | Di Indonesia pendidikan memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini tercermin dalam tujuan nasional Bangsa Indonesia yang tertuang dalam isi pembukaan UUD 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa salah satu tujuan nasional Bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan ini dapat dicapai melalui pendidikan.
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Hal ini karena pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang mampu membangun kehidupan bangsa dan negara. Menurut Nana Syaodih (2006: 24) pendidikan merupakan kegiatan mengoptimalkan perkembangan potensi, kecakapan dan karakteristik pribadi siswa.
Kegiatan pendidikan diarahkan kepada pencapaian tujuan-tujuan tertentu yang disebut tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan menyangkut kepentingan siswa sendiri, kepentingan masyarakat dan tuntutan lapangan pekerjaan atau ketiga-tiganya. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan harus dapat menjadikan siswa lebih baik dan bermanfaat.
Pendidikan yang diberikan harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan siswa dalam kehidupannya. Menurut Dwi Siswoyo (2008: 124), dalam proses pendidikan, guru mempunyai tugas “mendidik dan mengajar” siswa agar dapat menjadi manusia yang dapat melaksanakan tugas kehidupannya yang selaras dengan kodratnya sebagai manusia yang baik dalam kaitan hubungannya dengan sesama manusia maupun Tuhan. Kualitas pendidikan menekankan pada cara guru mengajar sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini, Sardiman (2011: 97) mengemukakan bahwa “Dalam kegiatan belajar, subjek didik/siswa harus aktif berbuat.
Dengan kata lain, bahwa dalam belajar sangat diperlukan aktivitas. Tanpa aktivitas proses belajar tidak mungkin berlangsung dengan baik”. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang aktif seorang guru harus memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dengan penerapan berbagai macam metode. Dari hasil observasi awal pada bulan Agustus di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, aktivitas siswa di kelas X Akuntansi masih rendah dapat dilihat dari kegiatan siswa pada saat proses pembelajaran.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA"
Post a Comment