Penulis : Ari Budicahyono
Kata Kunci: Kebutuhan, Lingkungan, dan Motivasi
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENGARUH KEBUTUHAN UNTUK DIHARGAI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI UMKM-K MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNY | Pendidikan merupakan kebutuhan bagi manusia yang menginginkan perubahan, baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Melalui pendidikan manusia memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang digunakan sebagai modal dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi. Pendidikan dikatakaberhasil apabila proses pembelajaran dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga peserta didik dapat memperoleh prestasi belajar yang maksimal.
Prestasi belajar merupakan penilaian atas realisasi atau pengembangan keterampilan dan kapasitas pengetahuan yang dimiliki peserta didik (Nana Syaodih, 2009:102). Pengukuran prestasi belajar dilakukan untuk mengetahui daya serap peserta didik terhadap materi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran. Secara umum prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dibedakan dalam dua kategori (Baharuddin, 2009: 19), yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Motivasi sebagai faktor psikologis peserta didik yang dikategorikan dalam faktor internal memiliki peran besar terhadap usaha siswa dalam mencapai prestasi belajar yang baik. Peran motivasi yang khas dalam kegiatan pembelajaran adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang, dan semangat untuk belajar (Sardiman, 2012:75). Motivasi (Ngalim Purwanto, 2007: 73) merupakan suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, mengarahkan, dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENGARUH KEBUTUHAN UNTUK DIHARGAI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI UMKM-K MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNY"
Post a Comment