Penulis : Emi Novianasari
Kata kunci : Motivasi, Aktivitas, Kooperatif, STAD
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI | Menurut Sardiman A. M (2012: 39) proses belajar-mengajar itu akan berhasil dengan baik jika didukung oleh faktor-faktor psikologis dari si pelajar. Dalam hal ini ada beberapa model klasifikasi pembagian faktor-faktor psikologis dalam kegiatan belajar. Thomas F. Staton (Sardiman, 2012: 39-44) menguraikan enam macam faktor psikologis itu :
a. Motivasi Seseorang akan berhasil dalam belajar, kalau pada dirinya sendiri ada keinginan untuk belajar. Keinginan atau dorongan untuk belajar inilah yang disebut dengan motivasi.
b. Konsentrasi, Konsentrasi dimaksudkan memusatkan segenap kekuatan perhatian pada situasi belajar. Unsur motivasi dalam hal ini sangat membantu tumbuhnya proses pemusatan perhatian.
c. Reaksi Belajar harus aktif, tidak sekadar apa adanya, menyerah pada lingkungan, tetapi semua itu harus dipandang sebagai tantangan yang memerlukan reaksi.
d. Organisasi Untuk membantu siswa agar cepat dapat mengorganisasikan fakta atau ide-ide dalam pikirannya, maka diperlukan perumusan tujuan yang jelas dalam belajar.
e. Pemahaman, Pemahaman atau comprehension dapat diartikan menguasai sesuatu dengan pikiran.
f. Ulangan Mengulang-ulang suatu pekerjaan atau fakta yang sudah dipelajari membuat kemampuan para siswa untuk mengingatnya akan semakin bertambah.
Melihat enam faktor psikologis yang mempengaruhi kegiatan belajar- mengajar di atas, peneliti menyoroti dua hal untuk diperhatikan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu motivasi dan reaksi. Menurut Dorothy Rich (2008: 16), “Motivasi yang cukup ketika mempelajari sesuatu dapat menumbuhkan minat terhadap apa yang dipelajari”.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI"
Post a Comment