Penulis : Winarti
Kata Kunci : Keterampilan menulis paragraf, media gambar nyata, siswa SD
Jurnal Penelitian | JURNAL PGSD DESKRIPSI KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MEDIA BENDA NYATA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MANGUNSOKO, KEC. DUKUN, KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Usia Sekolah Dasar (SD) merupakan usia dimana seorang anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut mencakup perkembangan fisik maupun mental yaitu meliputi perkembangan fisik, intelektual, bahasa, sosial, emosi, moral, keagamaan dan perkembangan motorik. Secara lebih spesifik pada perkembangan bahasa, anak usia SD mengalami perkembangan bahasa yang sangat pesat. Perkembangan bahasa tersebut mencakup perkembangan dalam mengenal, menguasai perbendaharaan kata serta penyusunan kalimat (Syamsu Yusuf, 2008: 149).
Pembelajaran Bahasa Indonesia pada tingkat SD diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi melalui pengembangan pengetahuan, keterampilan berbahasa dan sikap positif terhadap Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada tingkat SD ditekankan pada penggunaan bahasa untuk berkomunikasi. Pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut dilaksanakan baik secara lisan maupun tulisan (menulis) dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai media komunikasinya.
Menulis merupakan salah satu kompetensi yang dikembangkan pada siswa Kelas V SD. Standar kompetensi menulis siswa kelas V SD semester 1 adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalam secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis, mencakup tiga kompetensi dasar, yakni
(1) menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan,
(2) menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dan lain‐lain) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan,
(3) menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memerhatikan isi serta perannya.
Standar kompetensi menulis siswa kelas V SD semester 2 adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalam secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas bebas, mencakup tiga kompetensi dasar, yakni
(1) meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan,
(2) menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan,
(3) menulis puisi bebas bebas dengan pilihan kata yang tepat (BNSP, 2008: 27‐28).
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL PGSD DESKRIPSI KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MEDIA BENDA NYATA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MANGUNSOKO, KEC. DUKUN, KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012"
Post a Comment