JURNAL MANAJEMEN PENGARUH RASIO CAEL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK YANG TERDAFTAR DI PT. BEI

blogger templates

Penulis : Sandra Dewi
KEYWORDS : asstes, capital, earnings, , financial performance, dan liquidity




Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH RASIO CAEL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK YANG TERDAFTAR DI PT. BEI | Laporan keuangan merupakan media atau perantara untuk mengetahui semua informasi tentang aktivitas perusahaan. Biasanya, seiring dengan berjalannya sistem akuntansi perusahaan, maka dapat memperoleh laporan keuangan (Sofyan, 2011 : 1). Dalam UU No. 10/1998 bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak (Rindjin, 2003 : 14).

Secara umum, cara untuk menilai kinerja keuangan perbankan biasanya dipergunakan lima aspek penilaian yaitu CAMEL (Capital, Assets, Management, Earning, Liquidity). Rasio CAMEL adalah rasio yang mengidentifikasikan suatu hubungan atau selisih antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah yang lain yang terdapat dalam laporan keuangan suatu lembaga keuangan (IAI, 1995). Rasio-rasio yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk mewakili dari aspek penilaian CAEL yaitu
1). rasio CAR (Capital Adequacy Ratio) untuk aspek capital (permodalan); 
2). rasio NPL mewakili aspek assets; 
3). rasio BO/PO(Biaya Operasional/Pendapatan Operasional) untuk aspek earnings; dan 
4). rasio LDR (Loan to Deposit Ratio ) untuk aspek liquidity. Empat dari lima aspek tersebut yaitu capital, assets, earning, liquidity dinilai dengan menggunakan rasio keuangan.

Sebelum membuat keputusan dari laporan keuangan, dilakukan analisis terhadap laporan keuangan dengan menggunakan rasio keuangan. Perbedaan jenis perusahaan dapat menimbulkan perbedaan rasio-rasio yang penting, misalnya mengenai rasio likuiditas untuk bank berbeda dengan rasio likuiditas pada perusahaan manufaktur (Sofyan, 2011 : 297 ). Untuk rasio keuangan bank terdiri dari rasio likuiditas, solvabilitas (capital/permodalan), rasio rentabilitas, rasio resiko usaha bank, dan rasio efeisiensi usaha.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH RASIO CAEL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK YANG TERDAFTAR DI PT. BEI"

Powered by Blogger.