Penulis : Septi Wuri Handayani
Keyword : Learning Activity, Think Pair Share, Module
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MODUL | Pendidikan merupakan instrumen penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan dipandang sebagai cara yang tepat untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, karena melalui pendidikan manusia mendapatkan pengetahuan,keterampilan, keahlian dan nilai-nilai sikap. Pendidikan membuat manusia untuk berpikir sistematis, rasional dan bersikap kritis terhadap masalah-masalah pada era globalisasi. Pendidikan merupakan salah satu fondasi bangsa untuk menghasilkan generasi yang cakap dalam segala hal untuk bisa bersaing di era globalisasi. Dengan kata lain diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan tangguh, serta peka terhadap perubahan dan pembaharuan sehingga mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini.
Menurut Aip Syarifudin dalam Arif Rohman (2009:8) pendidikan adalah proses yang dirancang dan disusun secara sistematis untuk merangsang pertumbuhan, perkembangan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan, kecerdasan dan pembentukan watak, serta nilai dan sikap yang positif bagi setiap warga negara dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Cara untuk mencapai tujuan pendidikan nasional adalah dengan memperbaiki kualitas proses belajar dan proses pembelajaran seperti dalam definisi pendidikan yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Proses belajar dan proses pembelajaran yang baik akan menjadikan hasil belajar dapat lebih maksimal yang mengembangkan potensi masing-masing peserta didik, sehingga proses belajar dan proses pembelajaran menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena merupakan salah satu penentu keberhasilan pendidikan.
Salah satu hal yang sangat penting dalam proses pendidikan atau pembelajaran, yaitu metode pendidikan atau metode mengajar. Metode pembelajaran merupakan cara praktis yang dipakai pendidik untuk menyampaikan materi pendidikan agar bisa efektif dan efisien diterima oleh peserta didik (Arif Rohman, 2009: 180).
Dalam praktik pembelajaran di kelas guru harus memilih strategi pembelajaran yang dianggap paling tepat. Strategi yang dipilih disesuaikan dengan hakikat pembelajaran, karakteristik peserta didik, jenis materi pembelajaran, situasi dan kondisi lingkungan, dan tujuan yang akan dicapai.
Saat ini para pakar dunia pendidikan sudah banyak yang mengembangkan model pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Model pembelajaran yang mengacu kepada kemampuan dan perkembangan belajar siswa, seperti model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kolaboratif, model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran lainnya. Salah satu model pembelajaran kelompok adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) yang akhir-akhir ini menjadi perhatian dan dianjurkan para ahli pendidikan untuk digunakan (Wina Sanjaya, 2006: 242).
Menurut Slavin (1995) dalam Wina Sanjaya (2006: 242) mengemukakan dua alasan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, pertama beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sekaligus meningkatkan kemampuan hubungan sosial, menumbuhkan sikap menerima kekurangan diri dan orang lain serta dapat meningkatkan harga diri.
Kedua, pembelajaran kooperatif dapat merealisasikan kebutuhan siswa dalam belajar berpikir, memecahkan masalah dan mengintegrasikan pengetahuan dengan keterampilan.
Silahkan Download Disini : JURNAL AKUNTANSI PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MODUL
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA MODUL"
Post a Comment