JURNAL BIOLOGI IDENTIFIKASI JENIS LALAT BUAH (DIPTERA :TEPHRITIDAE) PADA JAMBU AIR DALHARI DI KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

blogger templates

Penulis : Aditya Aryo Kusuma
Kata kunci: Identifikasi, lalat buah, tephritdae, Syzygium samarangense






Jurnal Penelitian | JURNAL BIOLOGI IDENTIFIKASI JENIS LALAT BUAH (DIPTERA :TEPHRITIDAE)  PADA JAMBU AIR DALHARI DI KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA | Kabupaten Sleman merupakan sentra produksi jambu Dalhari di Daerah Istimewa Yogyakarta. Produksi pertahun mencapai 5-6 kuintal/pohon/musim tanam yaitu dari bulan Oktober – Nopember (tahun 204). Potensi produksinya yang cukup tingi menyebabkan pada tahun 204 jambu Dalhari telah dilepas sebagai varietas ungul oleh menteri pertanian. Permasalahan yang dihadapi dalam budidayanya adalah serangan OPT (Organisme Pengangu Tanaman) berupa lalat buah yang dapat menurunkan hasil panen hinga 30% sehinga pada sat ini belum mampu memenuhi permintan pasar, khususnya pasar luar negeri. Untuk itu perlu adanya tindakan pengendalian populasi lalat buah yang salah satu caranya ialah dengan kegiatan penelitan identifikasi lalat buah. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui jenis lalat buah (Diptera : Tephritdae) apa saja yang menyerang jambu air Dalhari (Syzygium samarangense) dan dominasinya di Kabupaten Sleman.

Deteksi hama lalat buah yang sangat merugikan secara ekonomi adalah sangat penting dalam pertanian holtikultura masa depan karena kesalahan dalammengidentifikasi OPT dapat mengakibatkan kekeliruan dalam pengambilan keputusan dan pengendalianya (Suputa, dk, 206: 2).

KAJIAN TEORI

Lalat buah (ordo Diptera, famil Tephritdae) terdiri atas ± 400 spesies yang terbagi dalam 50 genus. Tephritdae merupakan famil terbesar dari ordo Diptera dan merupakan salah satu famil terpenting karena secara ekonomi sangat merugikan.

Di Indonesia terdapat 90 spesies lalat buah yang termasuk jenis lokal (indigenous), tetapi hanya 8 termasuk hama penting, yaitu B. albistrigata Demeijere, B. carambolae Drew dan Hancock, B. dorsalis Hendel B. papayae Drew & Hancock, B.umbrosa Fabricius, B. cucurbitae Coquilet B. tau Walker, dan Dacus longicornis (Or, 202, dalam D.A. Bangun, 209:9 ).

METODE

Penelitan dilakukan mulai tangal 30 Oktober - 30 Desember 201 di Laboratorium Proteksi Hama dan Penyakit Tanaman (LPHPT) DIY. Populasi penelitan adalah lalat buah yang menyerang jambu air Dalhari dan sampel penelitan berupa lalat buah dewasa hasil host rearing pada jambu air Dalhari yang diambil di Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DIY. Host rearing merupakan teknik pengkoleksian lalat buah dengan cara mengumpulkan buah-buah terserang larva lalat buah kemudian memelihara larva tersebut hinga muncul imago.



0 Response to "JURNAL BIOLOGI IDENTIFIKASI JENIS LALAT BUAH (DIPTERA :TEPHRITIDAE) PADA JAMBU AIR DALHARI DI KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA"

Powered by Blogger.