JURNAL PENELITIAN KERANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN MENUJU PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN

blogger templates

Penulis : Subejo dan Supriyanto






Jurnal Penelitian | JURNAL PENELITIAN KERANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN MENUJU PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN Terminologi pemberdayaan masyarakat kadang-kadang sulit dibedakan dengan penguatan masyarakat serta pembangunan masyarakat (communiry development). Dalam prakteknya seringkali terminologi-terminologi tersebut overlapping, saling menggantikan dan mengacu pada suatu pengertian yang serupa. Cook (1994) menggarisbawahi bahwa pembangunan masyarakat merupakan konsep yang berkaitan dengan upaya peningkatan atau pengembangan. Hal ni merupakan tipe tertentu tentang perubahan menuju kearah yang positif.

Singkatnya community development merupakan suatu tipe upaya tertentu yang disengaja untuk memacu peningkatan atau pengembanganmasyarakat. Sedangkan Giarci (2001) memandang communiry development sebagai suatu hal yang memiliki pusat perhatian dalam membantu masyarakat pada berbagai tingkatan umur untuk tumbuh dan berkembang melalui berbagai fasilitasi dan dukungan agar mereka mampu memutuskan, merencanakan dan mengambil tindakan untuk mengelola dan mengembangkan lingkungan fisiknya serta kesejahteraan sosialnya. 

Proses ini memfasilitasi penguatan ekonomi lokal dan memungkinkan masyarakat untuk melakukan collective action dan melakukan political pressure serta membawa usaha-usaha bersama untuk memulai perubahan-perubahan di tingkat lokal dimana networking menjadi salah satu kata kuncinya. Bartle (2003) mendefinisikan community development sebagai alat untuk menjadikan masyarakat semakin komplek dan kuat. Ini merupakan suatu perubahan sosial dimana masyarakat menjadi lebih komplek, institusi lokal tumbuh, collective power-nya meningkat serta terjadi perubahan secara kualitatif pada organisasinya.

Meskipun belum ada kesepahaman dan pengertian yang baku tentang pemberdayaan masyarakat atau community empowerment, nampaknya cukup penting dan berguna untuk mengadopsi pengertian pemberdayaan masyarakat yang dirilis oleh Deliveri (20Ma) sebagai salah satu acuan. Proses pemberdayaan masyarakat merupakan suatu proses yang bertitik tolak untuk memandirikan masyarakat agar dapat meningkatkan taraf hidupnya sendiri dengan menggunakan dan mengakses sumberdaya setempat sebaik mungkin.

Proses tersebut menempatkan masyarakat sebagai pihak utama atau pusat pengembangan Qteople or c ommunity c e nte re d dev e lopme nt). Berdasarkan persinggungan dan saling menggantikannya pengertian tentang community development dan community empowerment, secara sederhana.



0 Response to "JURNAL PENELITIAN KERANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN MENUJU PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN"

Powered by Blogger.