JURNAL TEKNIK INDUSTRI PENJADWALAN PRODUKSI MELALUI SISTEM PRODUKSI JUST TIME DENGAN KANBAN GUNA MEMENUHI PERMINTAAN

blogger templates

Penulis : Eti Kristinawatil
Key word  : JIT, L'roduction Schedule, Kanban





Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INDUSTRI PENJADWALAN PRODUKSI MELALUI SISTEM PRODUKSI JUST TIME DENGAN KANBAN GUNA MEMENUHI PERMINTAAN Dalam situasi persaingan global yang sangat kompetitif diperlukan adanya strategi produksi yang lebih baik bagi perusahaan dibandingkan dengan strategi produksi konvensional. Selain itu guna menghilangkan pemborosan perlu adanya aliran produksi kontinyu ( stabil ) yang dapat dilaksanakan melalui penerapan sistem produksi Jusl-In-Time melalui penjadwalan produksi dan kanban. CV. 

Sugih Waras merupakan perusalaan yang bergerak dibidang fumiture.. Saat ini perusahaan mengalami kesulitan dalam pemenuhan permintaan konsumen akibat keterlambatan penyerahan produk. Hal ini disebabkan adanya perencanaan produksi yang l':urang baik terhadap order yang diterima serta kurang ketatnya pengawasan terhadap jalannya produksi. 

Untuk itu diperlukan perbaikan pada urutan proses produksi dengan beban yang seimbang pada setiap lini. Sistem profJksi Jusl-hl-Time merupakan suatu solusi alternatif yang perlu diperhatikan serta dipertimbangkan bagi perusahaan untuk diterapkan sehingga perusahaan dapat menjaga kepercayaan konsumen.

TINJAUAN PUSTAKA

SISTEM PRODUKSI TOYOTA

Sistem produksi Toyota pertama kali dikembangkan dan dipromosikan oleh Toyota Motor Coorporation (TMC) dan telah dipakai oleh banyak perusahaan Jepang sebagai ekor kisis minyak ditahun 1973.

Tujuan Utama Sistem Produksi Toyota

Tujuan utama sistem produksi Toyota adalah pengurangan biaya atau perbaikan produkivitas dengan menghilangkan pemborosan. Selain tujuan utama ada tiga sub tujuan yang harus dipenuhi, yaitu :

l. Pengendalian jumlah
2. Jaminan mutu
3. Menghormali kemanusiaan


0 Response to "JURNAL TEKNIK INDUSTRI PENJADWALAN PRODUKSI MELALUI SISTEM PRODUKSI JUST TIME DENGAN KANBAN GUNA MEMENUHI PERMINTAAN"

Powered by Blogger.