JURNAL TEKNIK INDUSTRI QUALITY BY DESIGN DENGAN METODE TAGUCHI, KONSEP DAN PENGEMBANGANNYA

blogger templates

Penulis : Moh, Hartono
Keywords : Robust Design, Signal to Noise Ratio, Noisefacton






Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INDUSTRI QUALITY BY DESIGN DENGAN METODE TAGUCHI, KONSEP DAN PENGEMBANGANNYA | Perkembangan industri yang sangat pesat dan dinamis dewasa inikhususnya industri manufakur telah menghadapi kompetisi yang ketat. Untuk menghadapi kompetisi tersebut, perusahaan harus selalu meningkatkan kualitas proses dan produk sesuai dengan tuntutan konsumen. Banyak metode telah diterapkan untuk meningkatkan kualitas proses dan produk, antara lain menggunakan metode rekayasa kualitas dengan desain kokoh (quality by robust design) dalam proses dan produk (Bellavendram, 1995).

Rekayasa kualitas dengan roDzsl design diperkenalkan pada ahli rekayasa kualitas di Amerika Serikat oleh Genichi Taguchi pada awal tahun 1980-an. Pada perkembangan trerikutnya, metode ini banyak diterapkan pada industri manulaktur di Jepang, Amerika Serikat, Eropa dan negara industri baru seperti Korea dan Taiwan. Dengan semakin terkenalnya metode /obust design ini, telah terjadi pergeseran paradigma kualitas yaitu dari inspeksi kerusakan dan pernecahan masalah menuju rekayasa kualitas dengan desain dalam proses dan produk (Tsai, 1996).

Luasnya penerapan metode robu,rl design ini, dilandasi oleh kekuatal konsepnya dalam hal pereduksian jumlah kombinasi suatu desain eksperimen sehingga desain yang dihasilkan mampu mengakomodasi eksperimen dengan banyak faktor. Selain itu performansi hasil eksperimen diukur dengan suatu besaran universal yang dapat dipakai untuk membandingkan dua atau lebih variabel yang memiliki dimensi berbeda. Dua hal inilah yang menjadinti dan kekuatan konsep Taguchi (Kackar, 1985).

Tetapi masih terdapat perdebatan baik kalangan ilmuwan maupun praktisi pada beberapa pendekatan dalam desain parameterTaguchi terutama pada 2 hal (Khattree,1996) yaitu :

l. Penggunaan outer qnqys pada noise.fAcbrs untuk setiap ekspedmen yang ada di dalam inner atay (yaitu untuk setiap usaha kombinasi perlakr:an dalam faktor kontrol),

2. Alasan Taguchi pada penggunaan Signal to Noise Ratios (SNR). Dalam suatu diskusi panel yang diadakan di Amerika (Nair,l992) yang melibatkan beberapa tokoh peneliti dan praktisi, mendiskusikan masalah tersebut dengan membagi ke dalam beberapa topik antara lain. penlingnya reduksi variasi, penggunaan notse .factors. pentingnya interaksi, pemilihan karakleristik kualitas, dan SNR.



0 Response to "JURNAL TEKNIK INDUSTRI QUALITY BY DESIGN DENGAN METODE TAGUCHI, KONSEP DAN PENGEMBANGANNYA"

Powered by Blogger.