JURNAL TEKNIK MESIN PARENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU SNPATU DENGAN METODE MATERIAL REQUIRI,MINT PLANNING (MRP)

blogger templates

Penulis : Dyah Retno P
Key Wonls : Forecasting, Master Production Scheilule, Material Requbement Planning




Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK MESIN PARENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU SNPATU DENGAN METODE MATERIAL REQUIRI,MINT PLANNING (MRP) Setiap perusahaan menginginkan agar slstem percncanaan dan pengendalian produksi berjalan dengan baik sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen. Namun jika proses produksi tidak mempunyai perencanaan dengan baik, maka dapat menimbulkan kemacetan produksi, misalnya kehabisan bahan baku sebelum proses produksi berakhir. Dalam sisrem produksi baik manulakrur maupun jasa. adarya persediaan merupakan faktor yang memicu peningkatan biaya. tID. 

KARTIKA merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu dan sandal kulit berdasarkan pesanan. Pada saat ini produk tersebut mulai dikenal pasar dan permintaan meningkat Dengan adanya berbagai jenis produk yang dihasilkan, maka perlu diadakaii perencanaan kebutuhan bahan battr dengan baik Namun pada saat ini perusahaan mengalami kelebihan dan kekurangan akan bahan baku sehingga produksi tidak berjalan lancar. Hal ini mengakibatkan tingginya biaya penyimpanan dan ongkos produksi. Selain itu perusahaan juga tidak dapat menentukan berapa besar bahan baku yang dibutuhkan dan kapan bahan baku harus disediakan.

Dengan adanya kebutuhan yang dependent demand dan untuk mengurangi biaya simpan, maka dalam penelitian ini metode MRP diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan sebagai alat pengendali produksi dan persediaan, serta meminimalkan biaya penyimpanan.

TINJAUAN PUSTAKA

Peramalan permintaan

Peramalan permintaan merupakan kegiatar penyusunan peramalan tentang perkembangan permintaan suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan pada waklu tertentu dimasa yang akan daiang.


0 Response to "JURNAL TEKNIK MESIN PARENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU SNPATU DENGAN METODE MATERIAL REQUIRI,MINT PLANNING (MRP)"

Powered by Blogger.