JURNAL TEKNIK INFORMATIKA FORWARD CHAINING DAN RULES BASED REASONING UNTUK MEMBANTU PENGENDALIAN PENYAKIT MENULAR TUBERKULOSIS

blogger templates

Penulis : Eva Darnila
Keywords: Tuberculosis, Forward Chaining, Rule-Based Reasong, Case Detection Rate (CDR) 



Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA FORWARD CHAINING DAN RULES BASED REASONING UNTUK MEMBANTU PENGENDALIAN PENYAKIT MENULAR TUBERKULOSIS | Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit menular. Program pemberantasan penyakit menular langsung (P2ML) pada Dinas Kesehatan di tiap provinsi, memfokuskan pada upaya pemberantasan penyakit menular, dalam hal ini tuberkulosis. Pengendalian penyakit tersebut dalam pelaksanaanya telah memperoleh cakupan penemuan kasus atau case detection rate (CDR) tahun 2004, sebanyak 15 dari 33 provinsi yang dapat mencapai target 60% ke atas. Untuk Sumatera Utara, selama Tahun 2010 ditemukan sebanyak 15.614 kasus tuberkulosis paru . Pada triwulan ke III Tahun 2010 menempatkan Sumatera Utara diperingkat ketujuh setelah Gorontalo, Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Babel dan Jakarta. Pencapaian target untuk Provinsi Sumut harus memenuhi indikator program TB secara Nasional yaitu penemuan kasus baru untuk BTA positif (case detection rate), konversi rate (minimal 80%), kesembuhan (minimal 85%), dan error rate yaitu angka kesalahan baca hasil sediaan laboratorium (<5%) . 

Faktor sosial yang terjadi menjadi tugas kita untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan kesehatan di masyarakat, kampanye sosial dan penanganan kesehatan yang dilaksanakan selama ini belum menunjukkan hasilyang nyata, permasalahannya antara lain kurangnya partisipasi peran khalayak masyarakat dan tidak tepatnya strategi yang digunakan. Berdasarkan faktor resiko dan permasalahan di atas, maka dengan mengandalkan kemajuan teknologi dan informasi, baik kiranya dilakukan pengembangan sebuah sistem pakar (expert system) sebagai salah satu strategi dalam membantu tim kesehatan mengendalikan penyakit tuberkulosis di Kabupaten/Kota Propinsi Sumatera Utara. 

1.2 Tujuan 

Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan suatu model sistem pakar yang mampu membantu tim kesehatan agar dapat bekerja lebih cepat dan lebih akurat. 

1.3Batasan Masalah 

Dalam penelitian ini penyakit yang dibahas adalah pasien penyakit tuberkulosis, data pasien yang diambil berasal dari data rekapitulasi pasien tuberkulosis Kab/Kota. Teknik representasi yang digunakan yaitu dengan penyelesaian rules based reasoning dan mekanisme inferensi logika proporsional dengan pengendalian secara forward chaining.



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA FORWARD CHAINING DAN RULES BASED REASONING UNTUK MEMBANTU PENGENDALIAN PENYAKIT MENULAR TUBERKULOSIS"

Powered by Blogger.