JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANGINA PEKTORIS (ANGIN DUDUK) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES

blogger templates

Penulis : Ayu Permata Lestari 
Kata Kunci : Metode Bayes, angin Duduk, Pektoris 





Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANGINA PEKTORIS (ANGIN DUDUK) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES | Perkembangan teknologi informasi sangat mendapatkan sambutan positif oleh semua manusia. Hal ini mendorong para ahli untuk semangkin mengembangkan komputer agar dapat membantu kerja manusia menjadi lebih cepat, bahkan melebihi kemampuan manusia itu sendiri. Di AS kurang lebih 50% dari penderita jantung koroner (PJK) mempunyai manifestasi angina pektoris, jumlah angina pektoris sulit diketahui. Dilaporkan bahwa insiden angina pektoris pertahun pada penderita di atas 3 tahun sebesar 213 penderita/100.000 penduduk. 

Karena terkadang sulitnya para penderita menemukan tenaga ahli di bidang pengobatan angina pektoris dan didaerah-daerah terkecilpun terkadang sangat sulit menemukan tenaga ahli untuk pengobatan suatu penyakit, di sini penulis ingin memudahkan para tenaga ahli untuk mengetahui gejala-gejala awal penyakit angina pektoris dengan mendiagnosa gejala-gejala dari para penderita, aplikasi ini juga dapat untuk para penderita yang terkadang tidak mampu untuk mengkonsultasikan penyakitnya dengan para ahli dikarenakan biaya yang dikeluarkan terkadang terlalu tinggi/mahal. Software yang akan dibangun diharapkan dapat mempercepat hasil diagnosa danpenentuan jenis penyakit yang di derita pasien, sehingga dapat memberikan hasil yang cepat. 

Perumusan Masalah 

Perumusan masalah yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah : 

1. Bagaimana menerapkan metode bayes dalam menentukan hasil diagnosa penyakit angina pektoris. 

2. Bagaimana merancang sebuah aplikasi yang dapat mendiagnosa penyakit angina pektoris dengan menggunakan metode bayes. 

 Batasan Masalah 

Adapun yang menjadi batasan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah: 

1. Sebagai implementasi dalam menganalisa hasil dari gejala-gejala awal. 
2. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0. 
3. Database yang digunakan adalah MySql. 
4. Data yang diperoleh dari buku, internet dan melalui interview.


0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANGINA PEKTORIS (ANGIN DUDUK) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES "

Powered by Blogger.