JURNAL AGAMA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA MELALUI PENDEKATAN INSTITUSI LOKAL DAN FORMAL

blogger templates

Penulis : Silfia Hanani
Kata Kunci: kekerasan, penanggulangan, institusi lokal, pendekatan kultural




Jurnal Penelitian | JURNAL AGAMA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA MELALUI PENDEKATAN INSTITUSI LOKAL DAN FORMAL | Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) menjadi isu penting dalam beberapa dekade terakhir ini, dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kasus KDRT di dunia dan buruknya efek yang ditimbulkan terhadap perempuan dan anak-anak. Menurut laporan World Health Organization (WHO), antara 40 hingga 70 persen perempuan di dunia meninggal akibat kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga.

Kenyataan miris tersebut sesungguhnya sangat bertentangan dengan ajaran agama dan moral manapun di dunia ini. Sehubungan dengan besarnya efek buruk KDRT terhadap perempuan, PBB mendefinisikan KDRT dalam bingkai gender, di mana kekerasan yang dilakukan di dalam lingkup rumah tangga dengan target utama adalah perempuan dan anak-anak2. 

Artinya, KDRT tidak dapat ditolerir dan diabaikan begitu saja. Kasus ini perlu diselesaikan, pertama melalui kekuatan undang-undang, kedua pendekatan hukum, ketiga pendekatan ekonomi, dan keempat pendekatan tradisi atau adat. Permasalahan KDRT tidak dapat lagi dianggap sebagai wilayah privat dan urusan rumah tangga belaka, tetapi sudah semestinya dilakukan penyelesaian dengan lintas negara, agama, adat dan disiplin ilmu.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AGAMA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA MELALUI PENDEKATAN INSTITUSI LOKAL DAN FORMAL"

Powered by Blogger.