JURNAL KEPERAWATAN PENGETAHUAN PEKERJA PENGRAJIN TEMPE TENTANG PENGGUNAAN METODE TERAPI LATIHAN MODEL WILLIAM DAN KENZIE DI DESA PLIKEN KEMBARAN BANYUMAS

blogger templates

Penulis : Ani Kuswati 1, Wahyudi 2 , Ratifah3
Keywords : knowledge, exercise therapy method 






Jurnal Penelitian | JURNAL KEPERAWATAN PENGETAHUAN PEKERJA PENGRAJIN TEMPE TENTANG PENGGUNAAN METODE TERAPI LATIHAN MODEL WILLIAM DAN KENZIE DI DESA PLIKEN KEMBARAN BANYUMAS | Mekanika tubuh yang tepat dapat mengurangi risiko dari injuri sistem muskuloskeletal, memudahkan pergerakkan tubuh, mencegah kelelahan, mengurangi jumlah energi yang digunakan. Body mechanic yang tepat atau baik tidak hanya pada lingkungan yang sakit, tapi juga untuk meningkatkan kesehatan dan keindahan tubuh, sehingga body mechanic selain untuk pasien juga untuk para tenaga kesehatan seperti perawat (Alfaro, 1987). 

Menurut Grandjean (1998) dan Pheasant (1991) sikap kerja yang statis dalam jangka waktu yang lama lebih cepat menimbulkan keluhan pada sisstem muskuloskeletal. Hal yang sama dilaporkan oleh Sutajaya (1997) para pengrajin ukir kaayu dan batokan di Ginajar – Bali. Dari pengamatan peneliti, diantara keluhan subyektif yang banyak dialami oleh industri tempe adalah keluhan nyeri pada pinggang atau punggung bawah (low back pain). 

Pemanfaatan latihan untuk mengurangi keluhan nyeri pinggang pada pekerja belum lazim digunakan di kalangan pekerja Indonesia. Kebanyakan pekerja lebih senang untuk minum obat warung atau pijat dan tidak masuk bekerja.

Padahal dengan melakukan latihan yang disesuaikan dengan sikap kerja dapat menghasilkan kondisi fisik yang optimal untuk mendukung produktivitas kerja yang baik (Erhard, et al. 1994). Saat pekerja tempe melakukan kegiatannya, maka tubuh mereka dalam posisi yang tidak alamiah, yaitu punggung melengkung, kaki menekuk atau lurus. 

Sikap kerja yang tidak alamiah tersebut kurang dapat mendukung terpeliharanya kesehatan yang optimal. Akibatnya akan terjadi berbagai keluhan yang diakibatkan kesalahan sikap berupa perasaan yang tidak menyenangkan atau nyeri. 


Silahkan Download Disini : 

0 Response to "JURNAL KEPERAWATAN PENGETAHUAN PEKERJA PENGRAJIN TEMPE TENTANG PENGGUNAAN METODE TERAPI LATIHAN MODEL WILLIAM DAN KENZIE DI DESA PLIKEN KEMBARAN BANYUMAS"

Powered by Blogger.