JURNAL MANAJAMEN PERAN KEPEDULIAN PADA LINGKUNGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG LINGKUNGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK HIJAU

blogger templates

Penulis : Made Pradnyan Permana Usadi(1), I Gusti Ayu Ketut Giantari(2), Made Wardana(3)
Keywords: green marketing, environmental knowledge, environmental concern, purchase intention of green product.





Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJAMEN PERAN KEPEDULIAN PADA LINGKUNGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG LINGKUNGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK HIJAU | Lingkungan saat ini sudah mulai mengalami kerusakan atau degradasi akibat ulah manusia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global, penipisan lapisan ozon stratosfer, hujan asam, polusi udara, polusi suara, polusi pada sungai dan laut. Sutrisna (2012) dalam media wordpress.com menyatakan bahwa sektor ketenagalistrikan saat ini pembangkit listrik di Indonesia masih didominasi oleh penggunaan bahan bakar fosil, khususnya batubara. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber energi, namun kapasitas listrik yang terpasang sangatlah rendah jika dibandingkan dengan dengan kebutuhan listrik penduduknya yang mencapai peringkat keempat terbanyak di dunia.

Kesadaran konsumen terhadap dampak lingkungan dari konsumsi sehari-hari berdampak pada meningkatnya kebutuhan terhadap produk hijau dalam memenuhi kebutuhan mereka maka perkembangan penelitian di ranah perilaku konsumen yang berkaitan dengan lingkungan juga semakin berkembang (Novandari, 2011 dan Ali, 2013). Chan and Lau (2000) menunjukkan pentingnya afeksi ekologi dan pengetahuan ekologi sebagai faktor penentu dalam niat pembelian produk hijau serta perilaku pembelian produk hijau. Hasil penelitian Wahid et al. (2011), Aman et al. (2012), dan Kanchanapibul et al. (2013), membuktikan bahwa pengetahuan tentang lingkungan berpengaruh positif terhadap niat pembelian produk hijau. Disisi lain, Maharani (2010) menemukan hasil bahwa pengetahuan tentang lingkungan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap niat beli hijau responden wanita pengunjung Plaza Ambarukmo pada produk The Body Shop di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MANAJAMEN PERAN KEPEDULIAN PADA LINGKUNGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG LINGKUNGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK HIJAU"

Powered by Blogger.