JURNAL MANAJEMEN PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, KUALITAS PRODUK DAN KEWAJARAN HARGA TERHADAP IMPULSE BUYING

blogger templates

Penulis : A A Ngr Indra Wiguna1, I Nyoman Nurcaya2
Keywords: fashion involvement, quality of product, price reasonableness, impulse buying





Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, KUALITAS PRODUK DAN KEWAJARAN HARGA TERHADAP IMPULSE BUYING | Saat ini, usaha ritel di Indonesia telah mengalami perkembangan. Perkembangan yang terjadi mengakibatkan adanya persaingan diantara pengusaha ritel. Salah satu usaha ritel yang berkembang di Indonesia adalah Matahari department store. Matahari Department Store adalah department store ritel terbesar di Indonesia untuk produk busana fashion, produk kecantikan dan produk perlengkapan rumah tangga.Amiri et al (2012) menyatakan, seiring dengan kebutuhan konsumen yang semakin bervariasi, peluang bagi para pelaku bisnis terutama dalam bidang fashion telah mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan pengaruh gaya hidup dan daya beli masyarakat yang mengalami perubahan. Salah satu produk fashionyang dikenal masyarakat dan dijual oleh pihak Matahari Department Store adalah produk Nevada. Nevada salah satu produk fashion yang menerima penghargaan setiap tahunnya.

Trimzi (2009) menyatakan bahwa, berdasarkan hasil survey yang dilakukan sebelumnya, 85 persen konsumen di Indonesia cenderung melakukan pembelian impulse. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa 39 persen dari semua pembelian di department store dan 67 persen dari semua pembelian di toko umum adalah impulse buying (Ying-Ping Liang, 2008). Adanya pembelian impulse ini memberikan pengaruh positif bagi peritel fashion. Pemahaman mengenai perilaku impulse buying dapat memberikan pedoman bagi retailer dalam mengembangkan strategi yang menimbulkan peluang dalam berbelanja (Park et al. 2006).

Impulse buying menurut Rook dalam Silvera et al. (2008) merupakan pembelian mendadak yang tidak direncanakan, perilaku pembelian ini sering didasarkan pada adanya stimulus langsung dan sering disertai dengan perasaan kegembiraan, kesenangan dan / atau dorongan kuat untuk membeli. Ada dua faktor yang mempengaruhi impulse buying yaitu faktor internal dan faktor eksternal.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, KUALITAS PRODUK DAN KEWAJARAN HARGA TERHADAP IMPULSE BUYING"

Powered by Blogger.