JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK ARAHAN PENGGUNAAN LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) DI KABUPATEN KENDAL

blogger templates

Penulis : Febriana Yogyasari, Dedy Kurnia Sunaryo, ST.,MT., Ir. Leo Pantimena, MSc.
Kata kunci : Sistem Informasi Geografis, Daerah Aliran Sungai (DAS), Arahan fungsi kawasan, Kesesuaian lahan.





Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK ARAHAN PENGGUNAAN LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) DI KABUPATEN KENDAL | Terjadinya bencana alam yang sering terjadi di beberapa daerah selama ini mengindikasikan telah terjadinya kerusakan lingkungan, terutama penurunan dari daya dukung daerah aliran sungai (DAS). Kurangnya daya dukungDAS dapat dilihat dari semakin banyaknya lahan yang seharusnya dimanfaatkan sesuai dengan arahan penggunaan lahan tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya. 

Sebagai wilayah, DAS juga dipandang sebagai ekosistem dari daur air, sehingga DAS didefinisikan sebagai suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami. Batas di darat merupakan pemisah topografi dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan (UU No. 7 Tahun 2004). 

Bencana dan kerusakan lingkungan terjadi karena adanya pemanfaatan lahan yang tidak mempertimbangkan keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, harus dilakukan penataan ruang yang memperhatikan keseimbangan ekosistem. Penetapan fungsi kawasan lindung, fungsi kawasan penyangga dan fungsi kawasan budidaya merupakan salah satu bentuk upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem alam.

Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK ARAHAN PENGGUNAAN LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) DI KABUPATEN KENDAL"

Powered by Blogger.