JURNAL MANAJEMEN PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN UBUD AURA ACCOMODATION DI UBUD, GIANYAR

blogger templates

Penulis : I Made Sadhana1, Desak Ketut Sintaasih2
Keywords: leadership, compensation, work satisfaction, and performance







Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN UBUD AURA ACCOMODATION DI UBUD, GIANYAR | Sumber daya manusia mempunyai peranan penting dalam perusahaan seperti membuat perencanaan, mengatur, mengolah, dan mengontrol setiap kegiatan perusahaan (Tintami et al., 2012). Sumber daya manusia yang dimaksud adalah karyawan dan orang-orang yang terlibat dengan perusahaan. Kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki dapat menentukan sejauhmana pencapaian hasil yang di dapat mereka sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan perusahaan (Murty et al., 2012). Kinerja dalam penelitian ini merupakan hasil kerja yang dikontribusikan sesuai dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya di perusahaan. Salah satu cara meningkatkan kinerja dapat dilakukan dengan mengevaluasi dan melakukan serangkaian perbaikan agar kualitas karyawan meningkat (Riyadi, 2011). Fakta lain menyebutkan bahwa kepuasan kerja juga merupakan faktor yang mendorong karyawan untuk lebih giat bekerja sehingga dapat meningkatkan hasil kerja mereka (Suwardi et al., 2011).

Kepuasan kerja didefinisikan sebagai suatu sikap positif yang menyangkut penyesuaian diri karyawan terhadap situasi kerja atau pekerjaannya (Robbins dan Judge, 2008:99). Kepuasan kerja dalam penelitian ini adalah suatu sikap positif maupun negatif dari karyawan terhadap situasi dan kondisi pekerjaan yang berhubungan dengan imbalan yang diterimanya. Ketika seseorang merasa puas atas pekerjaannya tentu berusaha lebih giat untuk menyelesaikan pekerjaannya (Johan, 2002). Sebaliknya, ketika karyawan tidak puas dalam bekerja dapat ditunjukkan dengan sejumlah cara seperti karyawan mengeluh, menjadi tidak patuh, dan menghindari sebagian tanggungjawab kerja mereka (Robbins, 2006:108). Pernyataan di atas sejalan dengan penelitian oleh Panudju (2003) yang menemukan bahwa karyawan yang puas memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan karyawan yang merasa kurang puas di perusahaan. Temuan oleh Dizgah et al. (2013) membuktikan bahwa kepuasan kerja mempengaruhi kinerja karyawan secara signifikan. Dengan mengetahui kepuasan kerja karyawan,terhadap rencana yang telah ditetapkan oleh perusahaan, hal ini menjadi umpan balik bagi perusahaan (Kartika et al. 2010).



Silahkan Download Disini : 

0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN UBUD AURA ACCOMODATION DI UBUD, GIANYAR"

Powered by Blogger.