JURNAL MANAJEMEN PENGARUH LIKUIDITAS DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DIMODERASI OLEH KEBIJAKAN DIVIDEN

blogger templates

Penulis : Ida Bagus Nyoman Puja Wijaya(1), Ni Ketut Purnawati(2)
Keywords: liquidity, institutional ownership, dividend policy, firm value





Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH LIKUIDITAS DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DIMODERASI OLEH KEBIJAKAN DIVIDEN | Tujuan didirikannya suatu perusahaan yaitu memaksimalkan nilai perusahaannya. Nilai perusahaan mencerminkan kinerja suatu perusahaan yang mempengaruhi pandangan pasar maupun investor terhadap perusahaan. Jika kinerja perusahaan baik maka return yang diperoleh akan semakin tinggi dan berdampak pada makin besarnya kemakmuran pemilik. Rasio likuiditas adalah salah satu rasio untuk mengukur kinerja keuangan.Jensen dan Meckling (1976) melakukan penelitian mengenai teori keagenan dan menyatakan hubungan keagenan sebagai hubungan antara pemilik yang menggunakan jasa manajer untuk menjalankan perusahaan. 

Kerjasama dan penyatuan kepentingan antara manajemen dan pemilik sangat penting dilakukan dalam usaha untuk mencapai tujuan perusahaan. Namun kenyataannya manajemen seringkali bertindak untuk kepentingannya sendiri dengan mengorbankan kepentingan pemilik karena manajemen lebih mengetahui kondisi perusahaan dibandingkan dengan pemilik. Hal ini dapat menimbulkan masalah agensi (agency problem) sehingga dibutuhkan sebuah kontrol atau pengawasan dari pihak luar.

Masalah agensi (agency problem) yang terjadi karena adanya perbedaan tujuan dan kepentingan antara pemilik dan pihak manajemen dapat menimbulkan biaya keagenan (agency cost). Suatu mekanisme pengawasan yang menyelaraskan kepentingan pihak-pihak yang terkait dapat mengurangi biaya keagenan. Jensen dan Meckling menunjukkan bahwa pemberian insentif yang memadai dan adanya pengawasan dari pemilik akan mengoptimalkan keputusan yang dibuat oleh agen.

Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH LIKUIDITAS DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DIMODERASI OLEH KEBIJAKAN DIVIDEN"

Powered by Blogger.