Penulis : I Ketut Ardika1, Eka Sulistyawati2
Keywords : celebrity endorser, credibility, attractiveness, meaningfulness, brand image
Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER VALENTINO ROSSI SEBAGAI MODEL IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA DI KOTA DENPASAR | Perekonomian di Indonesia mengalami pertumbuhan yang semakin baik dan maju, sehingga mendorong tingkat persaingan antara perusahaan. Hal ini dapat kita lihat dengan semakin maraknya berbagai jenis usaha, sehingga berakibat pada persaingan yang semakin ketat (Hapsari, 2008). Suatu tingkat keberhasilan perusahaan tentunya juga merupakan peran iklan dan produk yang ditawarkan pada konsumen.
Banyak cara untuk memikat konsumen dalam mengenalkan produk atau jasa. Dimana dapat dilakukan dengan melalui endoser, endorser dapat berasal dari kalangan artis dan orang biasa. Endorser adalah alat pendukung yang digunakan dalam periklanan untuk tujuan pemasaran suatu produk.
Perusahaan seharusnya dapat mempunyai alat pendukung dalam beriklan yang baik dalam penyampaian pesan iklan kepada konsumen. Banyak pendapat yang diingat konsumen dapat membentuk citra positif mengenai merek di dalam benak konsumen. Citra yang baik merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam menjaring para pelanggan untuk menggunakan atau membeli barang dan jasa.
Strategi dalam menciptakan dan mengkomunikasikan citra merek yang menguntungkan salah satunya dengan adanya duta merek (brand ambassador) atau pendukung (endorser) dimana jaringan duta bertujuan untuk mengembangkan citra dan daya tarik. Attractiveness adalah merupakan berbagai daya tarik yang dimiliki selebriti dalam berperan sebagai endorser. Hal ini dapat mencangkup daya tarik fisik dan tingkat kesamaan dangan personality yang diinginkan pengguna produk dan meaningfulness adalah menyangkut seberapa kuat pengaruh selebriti dalam benak masyarakat sehingga ia dapat memerintahkan target audience untuk membeli produk dan juga seberapa kuat karisma yang dipancarkan oleh selebriti., Shimp (2003).
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER VALENTINO ROSSI SEBAGAI MODEL IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA DI KOTA DENPASAR"
Post a Comment