Penulis : Anis Adelina
Kata kunci : games pembuka dan penutup pelajaran, motivasi belajar PKn
Jurnal Penelitian | JURNAL PGSD PENGARUH GAMES PEMBUKA DAN PENUTUP PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD NEGERI MARGOYASAN, YOGYAKARTA | Tugas pokok guru adalah mengajar. Mengajar merupakan pekerjaan professional yang memerlukan keahlian khusus yang ditempuh melalui pendidikan dan pengalaman (Marno dan M. Idris, 2010: 57). Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional, guru harus memiliki kemampuan atau keterampilan mengajar baik secara teori maupun praktik. Pada hakikatnya mengajar adalah proses yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kegiatan belajar siswa.
Dalam mengajar guru tidak hanya sekadar memberi informasi secara lisan kepada siswa, tetapi juga harus menciptakan situasi lingkungan yang memungkinkan anak untuk belajar secara aktif, menyenangkan dan termotivasi, sehingga guru harus mampu melibatkan beberapa komponen serta kompetensi interaksi belajar mengajar.
Marno dan M. Idris (2010: 13) menjelaskan bahwa kemampuan mengajar yaitu perpaduan antara kemampuan intelektual, keterampilan mengajar, bakat dan seni. Oleh karena itu, mengajar juga dikatakan sebagai kegiatan yang integratif dari sejumlah keterampilan, karena dalam mengajar guru harus dapat menggunakan keterampilan mengajar seperti keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membuka dan menutup pelajaran atau kelas, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan memberi penguatan.
0 Response to "JURNAL PGSD PENGARUH GAMES PEMBUKA DAN PENUTUP PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD NEGERI MARGOYASAN, YOGYAKARTA"
Post a Comment