JURNAL TEKNIK INFORMATIKA REKAYASA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PEMETAAN LOKASI TOWER JARINGAN TELEPON SELULER DALAM BENTUK WEBMAP DI JAWA TIMUR

blogger templates

Penulis : Anik Vega Vitianingsih1, Moch Syaiful Reza2
Keywords: GIS, webmap, BTS.








Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA REKAYASA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PEMETAAN LOKASI TOWER JARINGAN TELEPON SELULER DALAM BENTUK WEBMAP DI JAWA TIMUR | Perkembangan kebutuhan telekomunikasi yang semakin cepat dewasa ini, mendorong manusia untuk selalu berkreasi dengan menciptakan teknologi baru. Sebagai contoh adalah teknologi telekomunikasi GSM atau Global System for Mobile Communication, yaitu sistem multiservice yang memungkinkan komunikasi antar pengguna tanpa melihat tempat dan waktu untuk melakukan berbagai layanan, diantaranya adalah komunikasi langsung dan layanan SMS (Short Message Service). 

Pemetaan lokasi tower BTS (Base Transceiver Station) untuk jaringan telepon selular menjadi masalah yang sering dihadapi oleh pihak operator penyedia jaringan komunikasi selular. Jawa Timur merupakan salah satu propinsi yang memiliki kurang lebih 550 (lima ratus lima puluh) Kecamatan yang tersebar di 32 (tiga puluh dua) Kabupaten/Kota. Masing masing Kabupaten/Kota mempunyai kondisi geografis yang berbeda. 

Demikian pula dengan perbedaan kondisi dan letak georgrafi setiap kecamatan di masing-masing kabupaten/kota, dengan letak dan kondisi geografis yang beragam, membutuhkan berbagai macam kriteria yang berpengaruh pada kemampuan dan jangkauan penyebaran BTS disetiap daerah kecamatan. Operator dituntut untuk dapat menentukan lokasi dan tipe towerBTS yang potensial agar semua wilayah dapat terjangkau sinyalnya SIG merupakan konsep pendekatan dalam pengelolaan informasi yang mampu memadukan antara visualisasi data dalam bentuk grafis/peta dan data statistik, sehingga mampu menghasilkan suatu analisis yang terintegrasi yang mencakup seluruh aspek [1,2,3,4,5,6].


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA REKAYASA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PEMETAAN LOKASI TOWER JARINGAN TELEPON SELULER DALAM BENTUK WEBMAP DI JAWA TIMUR"

Powered by Blogger.