JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RANTAI PASOK MINYAK SAWIT MENTAH BERBASIS GIS

blogger templates

Penulis : Ringgo Afrinando
Keywords:Information System,Supply Chain Management, Crude Palm Oil, GIS





Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RANTAI PASOK MINYAK SAWIT MENTAH BERBASIS GIS Pengambilan keputusan dalam suatu industri kelapa sawit tidak hanya terpaku pada pendistribusian CPO dan Inti Sawit dari PKS ke konsumen akhir, namun kegiatan pengelolaan perkebunan kelapa sawit, pendistribusian TBS yang akan diolah serta manajemen sistem persediaan dari CPO dan Inti Sawit dalam juga merupakan salah satu bentuk kegiatan rantai pasok yang harus diperhatikan. 

Unit Usaha Ophir PTPN 6 Pasaman adalah salah satu pelaku industri kelapa sawit yang mengelola perkebunan sawit serta mengolah sawit menjadi CPO dan Inti Sawit. Perusahaan ini terletak di Kecamatan Luhak nan Duo dan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat yang berjarak ± 186 Km dari Ibu Kota Propinsi Sumatera Barat. PTPN VI telah berhasil membangun kebun kelapa sawit seluas 8.056 hektar yang terdiri atas kebun Inti seluas 3.265 Hektar dan Kebun Plasma Seluas 4.800 Hektar. Kebun Inti terdiri dari 4 afdeling (wilayah areal perkebunan sawit) dan kebun plasma terdiri dari 5 plasma (wilayah areal perkebunan sawit) dimana penanaman dilakukan secara bertahap sejak tahun 1982 sampai pada tahun 1994. 

Pengelolaan perkebunan sawit pada PTPN 6 saat ini sudah dilakukan cukup baik namun masih menggunakan data-data yang bersifat manual atau paperbase. Hal ini akan menimbukan kesulitan dalam penyimpanan data-data mengenai informasi dasar perkebunan, infrastruktur perkebunan, pemeliharaan perkebunan, panen serta prediksinya. Informasi-informasi ini juga masih belum diintegrasikan dengan peta perkebunan dan data infrastruktur sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dan ketidakakuratan dalam perencanaan, pengelolaan dan pemeliharaan perkebunan sawit. Selain itu hasil produksi dari pengolahan TBS menjadi CPO dan Inti Sawit yang terjadi pada PTPN 6 juga belum terkelola dengan baik. Hal ini juga dapat menimbulkan kesulitan dalam pengambilan keputusan untuk penerimaan TBS serta pendistribusian CPO dan Inti Sawit perharinya. 

Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengontrol perkebunan dan pengolahan sawit dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi yang mengintegrasikan pemetaan wilayah serta data informasi yang ada dalam suatu aplikasi utuh pada perusahaan yang akan mempermudah pengambilan keputusan baik untuk perencanaan maupun pemeliharaannya.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RANTAI PASOK MINYAK SAWIT MENTAH BERBASIS GIS"

Powered by Blogger.