Penulis : Nurmi Susanti, Abdullah Taman
Kata Kunci: Think Talk Write (TTW) dan Hasil Belajar
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI | Dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif tidak terlepas dari metode pembelajaran yang digunakan. Dalam satu kelas terdiri dari berbagai macam perilaku siswa dan cara belajar yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkannya metode pembelajaran yang dapat mencakup semua karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajarnya secara maksimal.
Metode yang baik dapat mengubah sistem pembelajaran yang mulanya berpusat pada guru menjadi sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa, sesuai dengan kurikulum KTSP yang diterapkan pemerintah guna memperbaiki kualitas pendidikan. Metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah, di mana siswa menjadi penerima materi dari guru dan bersifat pasif, sedangkan guru menjadi satu-satunya sumber belajar, sehingga siswa menjadi ketergantungan kepada guru, jika guru tidak datang maka pembelajaran tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak dapat berkembang.
Dengan metode ceramah ini berarti pembelajaran berpusat pada guru, guru memiliki peran yang paling penting dalam proses pembelajaran. Untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif, harus menggunakan metode yang dapat meningkatkan aktifitas siswa selama proses pembelajaran, siswa tidak hanya pasif menerima materi namun siswa yang menjadi subjek dalam proses pembelajaran dan guru bukan menjadi sumber materi utama namun berubah peran yaitu menjadi fasilitator, maka dari itu untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa selama proses pembelajaran salah satunya bisa menggunakan metode Cooperative Learning.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI"
Post a Comment