Penulis : Rengganis Dyah Puspawarni
Keyword: Discipline, Learning Environment, The Achievement Of Learning Accountancy
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SMA NEGERI 2 SUKOHARJOBagian terpenting dalam kehidupan suatu bangsa yang ingin cepat maju sangat memperhatikan pendidikan, pada dasarnya sudah ada pada saat manusia mulai menghadapi berbagai masalah kehidupan. Kemudian dalam perkembangannya pendidikan menjadi suatu lembaga dengan semakin banyaknya jumlah penduduk suatu negara. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM).
Upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi bagian terpenting dari upaya peningkatan kualitas manusia, baik dalam aspek kemampuan, kepribadian maupun tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Salah satu upaya membina dan membangun SDM yang tangguh dan dapat diandalkan diantaranya melalui pendidikan, baik pendidikan yang diberikan secara formal maupun non formal.SDM yang dimaksud adalah peserta didik atau siswa yang dituntun untuk mempunyai kecakapan dan kemampuan yang memadai.Sebagai salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan formal, sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional melalui proses belajar.
Proses belajar mengajar yang efektif dan efisien dapat membantu pencapaian hasil belajar yang optimal. Hasil belajar dapat diketahui dari prestasi belajar yang diperoleh siswa dalam suatu periode tertentu. Prestasi Belajar Akuntansi yang tinggi khususnya di SMA Negeri 2 Sukoharjo merupakan dambaan semua pihak, baik pribadi siswa, orang tua maupun pihak sekolah.Namun, berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari hasil observasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo diketahui bahwa Prestasi Belajar Akuntansi siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan masih adanya siswa yang harus mengikuti remidi pada saat ulangan harian karena mendapatkan nilai kurang dari 70 sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu sebanyak 44 siswa dari jumlah keseluruhan 158 siswa, atau 27,8% siswa yang masih ikut remidi.
Pada kenyataannya banyak permasalahan yang timbul dan dihadapi oleh setiap individu dalam mencapai prestasi belajar yang tinggi.Permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh setiap individu ini bersifat kompleks, dan berbeda-beda pada setiap individu. Hal ini dikarenakan dalam proses pencapaian prestasi belajarnya tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor-faktor. Menurut Abu Ahmadi (2004: 138) “Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan yang berasal dari luar siswa.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO"
Post a Comment