JURNAL AKUNTANSI TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

blogger templates

Penulis : Lia Windriyani1, Annisa Ratna Sari2
Key words: Cooperative Strategy Study, Think Pair Share, Achievement in Accounting






Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI | Pendidikan merupakan upaya yang terencana dalam proses pembimbingan dan pembelajaran bagi individu agar berkembang dan tumbuh menjadi manusia yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, berilmu, sehat, dan berakhlak mulia baik dilihat dari aspek jasmani maupun rohani. 

Salah satu komponen penting dalam pendidikan adalah guru. Hal ini disebabkan gurulah yang berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Gurulah yang langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan keteladanan.Prestasi Belajar Akuntansi yang dicapai siswa dipengarui oleh banyak faktor baik yang berasal internal maupun eksternal siswa. Faktor internal yaitu faktor yang berkaitan dengan diri siswa, diantaranya kemampuan, minat, motivasi, keaktifan belajar, tingkat kecerdasan, dan sebagainya. Faktor eksternal adalah faktor dari luar diri siswa, diantaranya adalah kurikulum atau bahan pelajaran, guru atau pengajar, model pembelajaran, sarana dan fasilitas, keluarga, masyarakat, lingkungan sekitar dan sebagainya (Slameto, 2010: 54-71).

Proses pembelajaran yang baik tercermin dalam prestasi belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Dalam sebuah proses pembelajaran dituntut interaksi yang seimbang, interaksi yang dimaksudkan adalah adanya interaksi atau komunikasi antar guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan siswa dengan guru. Dengan adanya komunikasi banyak arah yang memungkinkan akan terjadinya aktivitas dan kreativitas yang diharapkan. Tingginya intensitas penggunaan metode ceramah yang dilakukan oleh guru menjadikan siswa tidak melakukan banyak aktivitas, sehingga guru mengalami kesulitan dalam memunculkan minat siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan, terutama untuk mata pelajaran yang didalamnya memerlukan banyak proses menghitung. Rendahnya minat terhadap pembelajaran akan mengakibatkan siswa tidak dapat memahami materi pelajaran dengan baik. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa.




Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI"

Powered by Blogger.