Penulis : I Dewa Putu Gd Agung Bayu Putra1, I Nyoman Nurcaya 2
Keywords: fairness of price and service value, and customer satisfaction
Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH KEWAJARAN HARGA DAN SERVICE VALUE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNG SUBAK DENPASAR | Ryan (2010) mengatakan kebutuhan manusia akan pangan selalu menjadi salah satu kebutuhan yang utama. Pengusaha dapat menggunakan hal ini sebagai prospek dalam bisnis, sesuai dengan adanya permintaan dan penawaran. Jumlah populasi manusia yang terus bertambah membuat tingkat kebutuhan manusia akan pangan juga terus bertambah (Arlina et al. 2009). Bisnis pangan khususnya di bidang restoran saat ini menunjukkan perkembangan yang baik dengan prospek usaha yang meningkat dan cukup pesat.
Berkembangnya restoran yang salah satunya Warung Subak di Denpasar utara yang ingin memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggannya. Misalnya harga yang terjangkau, produk-produk pilihan, kebersihan, dan kualitas layanan. Pelayanan pelanggan yang baik dan memuaskan harus merupakan misi utama bagi sebuah restoran dimana kepuasan pelanggan menjadi sorotan utama bagi banyak perusahaan-perusahaan dalam memutuskan strategi untuk memenangkan persaingan. Memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, kini beberapa restoran telah menyediakan berbagai tempat khusus untuk berbagai keperluan seperti acara arisan, ulang tahun, resepsi pernikahan, ataupun untuk rapat dan pertemuan bisnis (Arifur, 2012).
Azman et al. (2009) mengatakan hal yang menjadi permasalahan pada perusahaan di bidang restoran yaitu kurangnya memperhatikan kepuasan pelanggan. Padahal kepuasan pelanggan menjadi faktor utama bisnis restoran agar tetap berkembang di pasaran. Restoran adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang makanan dan jasa. Selain menjual produk makanan dan minuman (tangibles), Restoran juga menjual jasa (intangibles). Karena jasa/pelayanan juga sangat berperan penting dalam usaha restoran.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH KEWAJARAN HARGA DAN SERVICE VALUE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNG SUBAK DENPASAR"
Post a Comment