JURNAL AKUNTANSI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SMK NEGERI 1 GODEAN

blogger templates

Penulis : Suri Widyaningsih
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan






Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SMK NEGERI 1 GODEAN | Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan terjadinya berbagai perubahan dalam masyarakat. Perubahan dalam masyarakat melahirkan masalah sosial dan tuntutan yang lebih baru. Berbagai usaha ditempuh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dengan tujuan untuk dapat mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Prestasi Belajar adalah nilai-nilai yang merupakan bentuk perumusan akhir yang diberikan guru terkait dengan kemajuan prestasi belajar siswa selama waktu tertentu (Sumadi Suryabrata, 2006 : 297). Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan adalah hasil yang telah dicapai dalam usaha untuk menguasai materi akuntansi keuangan yang dinyatakan dengan nilai yang diperoleh setelah diadakan evaluasi. Pengukuran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan selalu memperhatikan indikator-
indikator yang sudah ditentukan terlebih dahulu.

Indikator tersebut terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dikuasai siswa agar dikatakan telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diberikan. Tiap kompetensi dasar yang diajarkan kepada siswa mempunyai indikator yang berbeda-beda. Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Godean diukur dengan tes tertulis. Tes ini dilakukan per kompetensi dasar yang telah diajarkan. Dari hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean, sekitar 27% siswa mempunyai Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan yang yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu sebesar 79. Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut ada yang berasal dari dalam diri siswa (intern) maupun dari luar diri siswa (exstern). 

Faktor dari dalam diri meliputi faktor psikologis dan faktor fisiologis, sedangkan dari luar diri meliputi faktor lingkungan dan faktor instrumental. (Ngalim Purwanto, 2010 : 107). Dari beberapa faktor intern yang berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, kecerdasan merupakan faktor penting untuk mencapai prestasi belajar. Pandangan lama menjadikan Kecerdasan Intelektual atau Intelligence Quotient (IQ) sebagai satu-satunya alat untuk mengukur kecerdasan siswa. Pandangan tersebut mulai bergeser ketika Gardner mengemukakan teori Multiple Intelligence atau dikenal dengan teori kecerdasan jamak.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SMK NEGERI 1 GODEAN"

Powered by Blogger.