JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK YAPEK GOMBONG.

blogger templates

Penulis : Wadastika Nurohmah
Kata kunci: metode mgajar, partisipasi siswa, perestasi siswa







Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK YAPEK GOMBONG | Pendidikan memberikan peranan yang penting dalam kehidupan kemajuan umat manusia. Pendidikan merupakan suatu kekuatan dinamis dalam kehidupan setiap individu, yang mempengaruhi perkembangan fisiknya, jiwa (akal, rasa dan kehendak), sosial dan moralitasnya. Sekolah merupakan salah satu lembaga yang menyelenggarakan proses pendidikan formal. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenjang pendidikan menengah yang mempersiapkan Siswa menjadi lulusan yang siap terjun ke dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya.

Siswa SMK memperoleh pengetahuan tentang Akuntansi melalui proses belajar mengajar. Salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar adalah siswa dapat menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penguasaan materi menentukan pemahaman yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar mengajar. Penguasaan ini berpengaruh pada Prestasi Belajar Akuntansi. 

Faktor–faktor yang mempengaruhi penguasaan materi dapat berasal dari dalam diri siswa itu sendiri maupun dari luar diri siswa Faktor yang berasal dari dalam diri siswa dapat berupa minat, bakat, gaya belajar, dan motivasi maupun sikap terhadap mata pelajaran Akuntansi. Sedangkan faktor dari luar diri siswa dapat berupa faktor keluarga, sekolah, guru dalam hal ini metode mengajar guru. Metode mengajar guru adalah cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan kependidikan khususnya kegiatan materi pelajaran bagi siswa.

Faktor eksternal lain yang mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi adalah Partisipasi Siswa di dalam kelas. Untuk memperoleh Prestasi Belajar Akuntansi yang optimal, maka siswa perlu meningkatkan partisipasinya di kelas. Partisipasi Siswa di kelas sangat besar pengaruhnya karena siswa merupakan objek dari proses pembelajaran tersebut.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK YAPEK GOMBONG."

Powered by Blogger.