JURNAL MATEMATIKA IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA KELAS VII SMP 3 LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO PADA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MATERI GEOMETRI

blogger templates

Penulis : 1) Purwonugroho ; 2) Sugiyono, M.Pd
Kata kunci: Identifikasi kesulitan; Indikator dan Kompetensi Dasar materi geometri.






Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA KELAS VII SMP 3 LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO PADA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MATERI GEOMETRI | Matematika merupakan salah satu pengetahuan yang penting dalam kehidupan. Hampir di setiap sisi kehidupan, manusia menggunakan matematika. Dalam dunia ekonomi, bisnis, perdagangan, pendidikan, dan masih banyak lagi bidang-bidang lain yang menggunakan matematika. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia juga tidak pernah lepas dari matematika, seperti dalam jual beli, menghitung jumlah panen yang didapatkan, menghitung kecepatan sepeda motor, menjelaskan dan menghitung waktu, dan masih banyak lagi kegiatan sehari-hari yang menggunakan matematika. 

Salah satu bagian penting dalam matematika adalah geometri. Geometri merupakan salah satu bagian dari matematika dan memiliki hubungan yang erat dengan bagian-bagian lain dalam matematika. Dalam kehidupan nyata geometri banyak bermanfaat dalam bidang teknik, geografi dan bidang-bidang lainnya. Geometri yang dipelajari di sekolah meliputi geometri murni, geometri analitik dan transformasi. Setiap tahapan dipelajari mulai dari jejang SD sampai ke SMA, mulai dari mempelajari geometri murni, kemudian geometri analitik lalu transformasi geometri.

Pada kenyataannya, dalam mempelajari matematika terutama yang berkaitan dengan geometri, ternyata banyak siswa yang merasa kesulitan. Kesulitan mempelajari matematika terutama dalam geometri bisa berarti kesulitan belajar bagian dari geometri. Kesulitan pada bagian-bagian dalam geometri bisa berdampak pada kesulitan-kesulitan bagian lain dalam geometri karena banyak pokok bahasan dalam geometri yang saling berhubungan. Misalnya pada pokok bahasan tentang sudut, siswa tidak akan tahu sudut jika tidak mengenal sinar garis dan siswa tidak akan tahu sinar garis jika kita tidak mengenal garis. Tanpa mengenal sudut siswa tidak akan mengenal gambar geometri (kecuali lingkaran). Pada bahasan segitiga siku-siku, siswa tidak akan bisa mengidentifikasi dan menggambarnya jika tidak tahu apa itu segitiga dan apa itu sudut siku-siku. 

SMP 3 Leksono adalah salah satu SMP di Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru yang mengampu pelajaran matematika siswa kelas VII, pada saat semester 2 rata-rata nilai rapor yang diperoleh siswa dalam pelajaran matematika adalah 67,74. Dari tiga kali ulangan harian (UH) yang diberikan oleh guru diperoleh rata-rata siswa 74,86 untuk UH1, 68,29 untuk UH2 dan 64,06 untuk UH 3. UH1 materi, berupa himpunan, UH2 sudut dan garis sejajar, dan UH3 tentang segitiga dan segiempat. Dari ketiga hasil UH tersebut bisa dilihat bahwa rata-rata untuk UH2 dan UH3 lebih rendah dari UH1. Bila dilihat, UH2 dan UH3 berisi materi-materi geometri, sehingga bisa diartikan siswa mendapatkan hasil yang lebih rendah dalam materi geometri.


0 Response to "JURNAL MATEMATIKA IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA KELAS VII SMP 3 LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO PADA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MATERI GEOMETRI"

Powered by Blogger.