JURNAL KEBIDANAN GAMBARAN SIKAP TENAGA KESEHATAN DAN PELAKSANAAN METODE KANGGURU PADA BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUANG PERINATOLOGI RSUD dr. SOEPRAPTO CEPU TAHUN 2011

blogger templates

Penulis : Nawang Puspitaningtyas1 , Rahayu Astuti2 , Dewi Puspitaningrum3
Kata kunci : Sikap, Pelaksanaan, Metode Kanguru






Jurnal Penelitian | JURNAL KEBIDANAN GAMBARAN SIKAP TENAGA KESEHATAN DAN PELAKSANAAN METODE KANGGURU PADA BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUANG PERINATOLOGI RSUD dr. SOEPRAPTO CEPU TAHUN 2011 | Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) pada saat ini masih banyak dijumpai di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Persentase bayi berat lahir rendah di Jawa Tengah pada tahun 2009 sebesar 2,81% meningkat bila dibandingkan tahun 2008 sebesar 2,08% (Profil Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2009).Menurut data dari Profil Kesehatan Kota Blora pada tahun 2009 menunjukkan jumlah bayi lahir hidup sebanyak 13.883 bayi.

Untuk kasus bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) pada tahun 2009 yaitu sebanyak 291 bayi (2.19%), meningkat pada tahun 2010 yaitu 450 bayi (3.38%). Berdasarkan data dari Rumah Sakit Umu Daerah (RSUD) dr.Soeprapto Cepu (2009) terdapat 378 bayi BBLR dari 1605 kelahiran. Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) merupakan bayi yang ketika dilahirkan mempunyai berat badan kurang dari 2500 gram (Yulifah & Yuswanto, 2009).

Perawatan BBLR yang berkualitas baik, dapat menurunkan kematian neonatal, seperti inkubator dan perlengkapannya pada Neonatal Intensive Care Unit. Di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia dihadapkan pada masalah kekurangan tenaga terampil, biaya pemeliharaan alat, serta logistik. Selain itu, penggunaan inkubator dinilai menghambat kontak dini ibu dengan bayi serta bersifat kurang praktis dan kurang ekonomis. Sehingga para pakar khususnya dibidang perinatologi melakukan penelitian dan didapatkan asuhan metode kangguru atau metode lekat, yang banyak memberikan manfaat dalam menangani BBLR (Setyowati, 2009).

Perawatan metode kangguru merupakan metode perawatan dengan kontak kulit ke kulit dengan cara meletakkan bayi di dada ibu ternyata dapat menstabilkan suhu tubuh dan memperbaiki keadaan umumnya. Metode kangguru atau perawatan bayi melekat sangat bermanfaat untuk merawat bayi yang lahir dengan berat badan rendah. Metode ini dapat dilakukan selama perawatan di rumah sakit ataupun di rumah (Proverawati & Ismawati, 2010).

Banyak faktor yang mempengaruhi tidak terlaksananya metode kangguru diantaranya adalah faktor pendidikan karena pendidikan sangat mempengaruhi terhadap pengetahuan dan sikap seseorang. Begitu juga dengan pengalaman dapat mempengaruhi pengetahuan seseorang karena dari pengalaman pengetahuan mereka semakin luas (Notoatmodjo, 2005).



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KEBIDANAN GAMBARAN SIKAP TENAGA KESEHATAN DAN PELAKSANAAN METODE KANGGURU PADA BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUANG PERINATOLOGI RSUD dr. SOEPRAPTO CEPU TAHUN 2011"

Powered by Blogger.