JURNAL KEBIDANAN PENGARUH HIPNOSIS PADA IBU BERSALIN PRIMIGRAVIDA TERHADAP APGAR SKOR BAYI BARU LAHIR DI BPM NY. M DESA TARUB KEC.TAWANGHARJO - GROBOGAN

blogger templates

Penulis : Laili Nurul Ngaziz 1 Melyana Nurul Widyawati2 Lia Mulyanti3
Kata Kunci: Hypnosis, Apgar score, Kebidanan, Primigravida






Jurnal Penelitian | JURNAL KEBIDANAN PENGARUH HIPNOSIS PADA IBU BERSALIN PRIMIGRAVIDA TERHADAP APGAR SKOR BAYI BARU LAHIR DI BPM NY. M DESA TARUB KEC.TAWANGHARJO - GROBOGAN | Apgar skor merupakan suatu metode sederhana yang dipakai oleh bidan untuk menilai keadaan bayi sesaat setelah lahir (Prawirohardjo : 2002). Penilaian apgar ini sangat penting karena untuk meminimalkan asfiksia pada bayi yang merupakan kelanjutan dari nilai apgar yang rendah. Pada waktu persalinan denyut jantung bayi juga harus di pantau dengan dopler atau linek untuk mengetahui kesejahteraan janin dalam kandungan.

Penilaian ini tidak hanya dilakukan sesaat setelah lahir, tetapi juga dilakukan pada menit ke-5 serta menit ke-10 setelah kelahiran bayi. Faktor – faktor yang timbul dalam persalinan yang bersifat mendadak dan hampir selalu mengakibatkan anoksia atau hipoksia janin dan berakhir dengan asfiksia bayi antara lain faktor dari janin, seperti gangguan aliran darah dalam tali pusat, depresi pernapasan karena obat – obat anestesi atau anelgetika yang diberikan kepada ibu, perdarahan intrakranial, kelainan bawaan dan lain sebagainya. Faktor dari ibu antara lain gangguan his, hipotensi mendadak pada ibu karena perdarahan, hipertensi pada eklamsia (Prawirohardjo : 2002).

Persalinan memang suatu proses yang alami dan menimbulkan rasa sakit. Namun banyak wanita yang merasakan sakit tersebut lebih parah dari seharusnya karena banyak dipengaruhi oleh rasa panik dan stress. Hal ini disebut fear-tension-pain concept (takut-tegang-sakit), dimana rasa takut menimbulkan ketegangan atau kepanikan yang menyebabkan otot - otot menjadi kaku dan akhirnya menyebabkan rasa sakit ( Abidin : 2011). Disamping itu, ketidaknyamanan ibu selama proses persalinan yang menyebabkan pola pernafasan tidak teratur juga berpengaruh terhadap pertukaran serta transpor O2 dari ibu ke janin. Sehingga terdapat gangguan dalam persediaan O2 dalam menghilangkan CO2 (Prawirohardjo : 2002).



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KEBIDANAN PENGARUH HIPNOSIS PADA IBU BERSALIN PRIMIGRAVIDA TERHADAP APGAR SKOR BAYI BARU LAHIR DI BPM NY. M DESA TARUB KEC.TAWANGHARJO - GROBOGAN"

Powered by Blogger.