JURNAL MATEMATIKA EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT

blogger templates

Penulis : Asri Mulat Rahmawati 1), Dr. Ali Mahmudi 2)
Kata kunci: Jigsaw, Numbered Heads Together (NHT), dan hasil belajar siswa.







Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT | Berdasarkan UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan atau latihan bagi peranannnya di masa yang akan datang. Hal ini menunjukkan bahwa peran pendidikan di Indonesia penting bagi generasi penerus bangsa. Perkembangan bangsa erat hubungannya dengan masalah ilmu pengetahuan. Salah satu cabang dari ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia untuk berpikir logis serta kreatif adalah matematika. Guru menyadari bahwa matematika sering dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga kurang diminati siswa. Sebagian siswa belum memiliki kemampuan berpikir secara logis, rasional, cermat, dan efisien yang menjadi ciri utama matematika.

Persepsi dan hal seperti ini juga terjadi pada siswa SMP Negeri 3 Cawas Klaten. Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru matematika di salah satu sekolah, yaitu SMP Negeri 3 Cawas Klaten. Metode ceramah dipilih guru untuk mengajarkan matematika di kelas VII SMP N 3 Cawas Klaten. Siswa yang kurang aktif menjadi salah satu alasan guru menerapkan metode ceramah di kelas. Guru juga menuturkan bahwa sikap siswa yang tidak kondusif dalam pembelajaran mengakibatkan metode diskusi belum pernah dilakukan sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru bukan siswa. Dengan adanya permasalahan yang muncul di SMPN 3 Cawas Klaten, tentu akan mempengaruhi hasil belajar matematika.

Menurut BSNP (2007-2011) data hasil Laporan Hasil Ujian Nasional (UN) yang diamati dalam waktu lima tahun (2007-2011) di SMP N 3 Cawas Klaten diperoleh simpulan bahwa penguasaan materi segiempat siswa masih rendah. Persentase menjawab benar pada materi segiempat dalam lima tahun terakhir menurun. Bahkan terjadi penurunan yang cukup signifikan pada dua tahun terakhir ini. Penurunan persentase dipengaruhi hasil belajar siswa pada materi segiempat. Hasil belajar adalah perubahan yang diperoleh seseorang setelah mengalami proses pembelajaran.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MATEMATIKA EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT"

Powered by Blogger.