JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT ANALISA COST SHARING PERHITUNGAN TARIF HEMODIALISIS (HD) MASYARAKAT MISKIN DI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH UNIT I YOGYAKARTA

blogger templates

Penulis : Primadinta, Triyani Marwati, Solikhah
Key Words: cost sharing, real cost method, tariff packet, hemodialisis, poor, society.





Jurnal Penelitian | JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT ANALISA COST SHARING PERHITUNGAN TARIF HEMODIALISIS (HD) MASYARAKAT MISKIN DI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH UNIT I YOGYAKARTA | Rumah sakit merupakan sebuah lembaga usaha yang padat karya yang multi disiplin, padat modal, padat teknologi, padat ilmu, padat sistem, padat tenaga, serta dipengaruhi oleh lingkungan yang selalu berubah. Sebuah rumah sakit harus bisa bertahan bahkan berkembang dengan mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat saat ini. Langkah yang dilakukan untuk tetap bisa bertahan dan berkembang, tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Penentuan tarif yang efisien dan efektiflah yang sangat diperlukan disini.

Rumah sakit yang tumbuh dan berkembang tentunya dikelola secara efisien dan efektif, hal tersebut perlu dilakukan untuk mengadapi persaingan ketat dalam dunia kesehatan. Rumah sakit bisa survive dalam menjalani competisi yang ada, tentunya pihak rumah sakit harus menghitung kembali tarif rumah sakit yang ada sebelumnya, yaitu untuk meminimalisir perhitungan tarif yang begitu tinggi dengan menggunakan model perhitungan tarif yang competitive, walaupun dengan tarif rendah tetapi tetap menjunjung tinggi suatu kualitas untuk bisa menjalankan visi dan misi sebuah rumah sakit, sehingga rumah sakit tidak mengalami kerugian dalam hal tarif maupun customer. Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat kembali pasien lama dan pasien baru dalam memanfaatkan pelayanan yang ada.

Efisiensi biaya dari sisi demand adalah memberlakukan iuran biaya (cost sharing). Motivasi dibalik penerapan iuran biaya adalah asumsi bahwa demand yang tinggi atas layanan kesehatan merupakan penyebab utama tingginya biaya kesehatan. Tingkat pendidikan dan pengetahuan yang meningkat dan akses informasi yang meluas menyebabkan masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan. Tersedianya perlindungan Jamkesmas dan tanpa / sedikit resiko keuangan, besar kemungkinan terjadinya moral hazard, penggunaan jasa yang tidak dibutuhkan dan tidak tepat. 

Tujuan iuran biaya adalah agar masyarakat bertindak rasional dan terhindar dari moral hazard. Namun, iuran biaya yang melampaui batas kemampuan peserta dapat menjadi paradok dari prinsip askes yang memproteksi penduduk dari kerugian keuangan dan sekaligus menurunkan akses peserta. Adapun program yang menjadi tanggung jawab pemerintah, yaitu: 
a) program yang tergolong sebagai public goods, dan 
b) program pemeliharaan kesehatan bagi penduduk miskin. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin pada 2008 sebanyak 35 juta jiwa. Garis kemiskinan dengan pengeluaran Rp.182.636/orang/bulan. Dana penanggulangan kemiskinan 2009 Rp 70 triliun.



Silahkan Download Disini:

0 Response to "JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT ANALISA COST SHARING PERHITUNGAN TARIF HEMODIALISIS (HD) MASYARAKAT MISKIN DI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH UNIT I YOGYAKARTA"

Powered by Blogger.