JURNAL MATEMATIKA UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW (SQ3R) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

blogger templates

Penulis : Anggia Dwi Andini
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, SQ3R








Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW (SQ3R) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | Terdapat beberapa tujuan yang diharapkan dapat dicapai dalam pembelajaran matematika di SMP/MTs. Badan Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa tujuan tersebut antara lain agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menggunakan penalaran matematis, memecahkan masalah matematika, mengkomunikasikan gagasan matematis, serta memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. Namun, di sejumlah SMP/MTs, upaya pencapaian tujuan-tujuan tersebut mengalami hambatan, termasuk yang terjadi di SMP Negeri 2 Berbah Sleman. Hasil observasi dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Berbah. Salah satu permasalahan strategis yang terjadi adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih kurang. 

Penyebab terjadinya permasalahan di kelas tersebut yaitu pola belajar siswa yang cenderung menghafal dan mekanistis. Kecenderungan menghafal ini mengakibatkan siswa mudah lupa mengenai suatu konsep dan menyebabkan siswa kurang mampu menerapkan konsep dalam berbagai situasi aplikatif. Akar penyebab lainnya adalah sebagian besar siswa hanya bergantung pada materi yang disampaikan guru. Siswa kurang tertarik memperdalam pemahaman mereka mengenai materi yang dipelajari dengan memaksimalkan buku acuan yang mereka peroleh dari perpustakaan sekolah. Ini mengakibatkan tidak semua siswa memiliki pemahaman mendalam mengenai materi yang dipelajari. 

Padahal, memahami suatu konsep merupakan modal penting untuk memecahkan sebuah masalah. Komponen pemahaman konsep matematika siswa erat kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Karena kurang adanya pemahaman yang mendalam mengenai suatu konsep tersebut, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pun masih kurang.



0 Response to "JURNAL MATEMATIKA UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW (SQ3R) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012"

Powered by Blogger.