JURNAL MANAJEMEN ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK PADA PT. BANK MUAMALAT SYARIAH, Tbk CABANG DENPASAR

blogger templates

Penulis : Eka Puji Lestari
Keywords: Assessment, Health Level





Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK PADA PT. BANK MUAMALAT SYARIAH, Tbk CABANG DENPASAR | Dalam persaingan dunia global, perekonomian suatu negara mempunyai  peranan penting bagi semua aspek kehidupan. Perbankan berkembang sangat  pesat setelah terjadi deregulasi di bidang keuangan dan moneter pada Juni 1983. Deregulasi tersebut telah mengakibatkan kebutuhan dana yang banyak mendorong tumbuhnya produk dan jumlah cabang yang pada gilirannya semakin banyak menjangkau masyarakat yang membutuhkan jasa perbankan (Taswan, 2006:1)

Perbankan syariah di Indonesia terjadi karena dorongan dan keinginan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Islam yang mempunyai pendapat bahwa suku bunga adalah riba, serta ketertarikan masyarakat dalam memilih produk Bank Syariah sebagai pilihan karena pembiayaan sistem bagi hasil yang benar-benar mewakili dalam konsep perbankan syariah tersebut.

Perbedaan Bank Konvensional dengan Bank Syariah adalah terletak pada prinsipnya. Sistem penilaian Bank Syariah dapat menjalankan lebih luas dalam pengukuran di bandingkan dengan Bank Konvensional. Sistem penilaian Bank Syariah mengatur konsep syariah kedalam alat pengukuran dasar pengimplementasian dalam manajemen. Tingkat kesehatan bank sangat menentukan kualitas dan keseimbangan sistem keuangan nasional. Menurut Thomson (1991) tingkat kesehatan bank merupakan suatu sistem peringatan dini atas kinerja bank saat ini dan prospeknya di masa mendatang.
Beberapa cara untuk mengukur tingkat kesehatan didasarkan pada SK BI Nomor 30/3/UPBB tanggal 30 April 1997 perihal tata cara penilaian tingkat kesehatan dapat dilakukan dengan analisis CAMEL.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MANAJEMEN ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK PADA PT. BANK MUAMALAT SYARIAH, Tbk CABANG DENPASAR"

Powered by Blogger.