JURNAL MANAJEMEN PENGARUH BAURAN PEMASARAN RITEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN ORIENTASI BERBELANJA PADA DISTRO HUBE DENPASAR

blogger templates

Penulis : Putu Wulan Dewi Saraswati
Kata kunci : Pemasaran Ritel, Kepuasan, Orientasi Berbelanja, Distro.





Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH BAURAN PEMASARAN RITEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN ORIENTASI BERBELANJA PADA DISTRO HUBE DENPASAR | Perkembangan ritel dalam format pasar modern memberikan alternatif belanja yang menarik bagi konsumen. Selain menawarkan kenyamanan dan kualitas produk, harga yang mereka berikan juga cukup bersaing. Hal ini dimungkinkan mengingat  besarnya kemampuan modal para peritel modern tersebut. Peritel modern dapat  mempersempit jalur distribusi sehingga mampu menawarkan harga yang jauh lebih kompetitif kepada konsumen.

Menurut Philip Kotler (2004:146) kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang dibandingkan dengan harapannya. Kepuasan konsumen adalah ungkapan seseorang dalam memberikan nilai atau mengoptimalkan nilai yang dirasakan dan diharapkan seseorang terhadap suatu produk atau jasa. Menurut Philip Kotler (2009:70), kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. 

Jika konsumen merasa senang dengan penampilan atau hasil dari produk tersebut maka ia akan merasa puas dengan produk tersebut. Bisnis ritel yang selalu berhubungan langsung dengan konsumen membutuhkan perubahan yang terus menerus agar dapat memuaskan pelanggannya. Untuk itulah diperlukan variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu Bauran Pemasaran Ritel. Bauran ritel adalah elemen-elemen yang menjadi faktor penentu dalam implementasi strategi dan taktik yang dijalankan oleh peritel. Bauran ritel terdiri dari beberapa elemen yaitu Place, People, Product, Price, Promotion. Kelima elemen tersebut saling melengkapi satu dengan lainnya sehingga digambarkan dalam wujud bangunan menyerupai rumah. 

Terdapat lima elemen bauran ritel yang akan memiliki fungsi saling mendukung dan melengkapi. Tidak dapat dikatakan bahwa satu elemen memiliki peran yang lebih penting dibandingkan elemen lain karena masing-masing elemen akan saling mendukung dan melengkapi. Levy and Weitz (2007:168) menyatakan kepentingan dari berbelanja utilitarian yang berasal dari keyakinan konsumen merupakan tujuan tertentu di dalam berbelanja yang akan terpuaskan ketika mereka menemukan produk yang mereka cari. Sebaliknya, kepentingan berbelanja hedonik mencerminkan nilai emosional dan kejiwaan dari pembelian. Nilai hedonik tersebut berasal dari kesenangan, kegembiraan, dan kenikmatan dari pengalaman berbelanja, rasa tertarik, rasa nyaman, rasa marah, rasa takut dan adanya rangsangan membeli.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH BAURAN PEMASARAN RITEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN ORIENTASI BERBELANJA PADA DISTRO HUBE DENPASAR"

Powered by Blogger.