JURNAL MATEMATIKA DEVELOPMENT OF TEACHING ENGLISH LANGUAGE MATERIALS USING CONTEXTUAL APPROACH IN LEARNING QUADRILATERAL

blogger templates

Penulis : Desi Furidaniyah
Key words: learning materials, quadrilateral, CTL approach










Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA DEVELOPMENT OF TEACHING ENGLISH LANGUAGE MATERIALS USING CONTEXTUAL APPROACH IN LEARNING QUADRILATERAL | Salah satu prinsip yang dikembangkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik (Depdiknas, 2009). Sebagai fasilitator, guru diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar guna mendukung aktivitas pembelajaran yang berkualitas (Chomsin S. Widodo & Jasmadi, 2008). Salah satu bahan ajar yang mudah dikembangkan oleh guru adalah modul. Pengertian modul adalah salah satu bentuk media cetak yang berisi satu unit pembelajaran, dilengkapi dengan berbagai komponen sehingga memungkinkan siswa-siswa yang mempergunakannya dapat mencapai tujuan secara mandiri, dengan sekecil mungkin bantuan dari guru (Made Wena, 2010). Pemakaian modul ajar dalam pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya.

Modul ajar juga diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar mandiri sesuai dengan kemampuan (Chomsin S. Widodo & Jasmadi, 2008). Pembelajaran matematika di tingkat SMP memerlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mementingkan keterlibatan siswa secara aktif serta dapat memfasilitasi siswa untuk dapat belajar dari pengalaman maupun lingkungannya, baik teman atau guru. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan pilihan yang tepat karena pendekatan CTL mendorong siswa untuk menghubungkan dan menerapkan kompetensi yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa akan lebih memahami tentang apa yang dipelajarinya.

Tugas guru dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan CTL lebih ditekankan pada mengelola kelas dan bekerja bersama siswa untuk menemukan sesuatu yang baru. Pendekatan CTL dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran berjalan lebih produktif dan bermakna, sehingga dalam pembelajaran akan diperoleh hasil yang maksimal (Atmini Dhoruri, 2005). Tujuh komponen dalam pendekatan CTL (Nurhadi dalam Wina Sanjaya, 2009: 268-269) adalah: 
1) konstruktivisme; 
2) bertanya; 
3) inkuiri; 
4) masyarakat belajar; 
5) pemodelan; 
6) refleksi; dan 
7) penilaian yang sebenarnya.

Bahan ajar yang dimaksudkan selanjutnya adalah modul pembelajaran segi empat yang berkaitan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). LKS selanjutnya menjadi bagian dari modul yang dikembangkan dengan menerapkan prinsip dan komponen pendekatan CTL.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MATEMATIKA DEVELOPMENT OF TEACHING ENGLISH LANGUAGE MATERIALS USING CONTEXTUAL APPROACH IN LEARNING QUADRILATERAL"

Powered by Blogger.